Kaba Terkini

Peringkat II Situs Sejarah Nasional, Museum Buya Hamka Raih API Award 2021

Palembang, kaba12.com — Museum Buya Hamka, di Nagari Sungai Batang, kecamatan Tanjung Raya, raih peringkat II Kategori Situs Sejarah Indonesia dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021. Anugerah ini diterima Bupati Agam Dr.Andri Warman saat malam puncak Pesona Indonesia di Bumi Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa tadi malam.

Bupati Agam yang mengaku bangga dengan anugerah itu, saat menerima penghargaan didampingi Kadinas Parpora Agam Syatria,S,Sos,MSI, Kadinas Kominfo Agam Rahmat Lasmono, Kabag. Protokol -Komunikasi Pimpinan Sekab.Agam Khasman Zaini dan tim AMC di Palembang.

Penghargaan API Award 2021, merupakan anugerah pertama yang diraih kabupaten Agam sejak 6 kali pelaksanaan event ini secara nasional dan hal itu menjadi hal yang luar biasa bagi daerah ini.

Bupati Agam, Dr.Andri Warman seperti disebutkan Khasman Zaini, Anugerah API 2021 yang diraih kabupaten Agam merupakan kebanggaan luar biasa, apalagi yang terpilih sebagai peringkat II Kategori Situs Sejarah adalah Museum Buya Hamka di Sungai Batang, yang sangat dibanggakan.

“Ini tahun pertama Kabupaten Agam mengikuti API Award setelah 6 tahun kegiatan serupa digelar, Alhamdulillah, kabupaten Agam menempati posisi II kategori situs sejarah, ini luar biasa, “ ungkap Andri Warman.

Secara khusus, Bupati Agam itu mengaku bangga, museum rumah kelahiran Buya Hamka, ulama besar Indonesia asal Minangkabau, menjadi pusat perhatian nasional, bahkan meraih predikat terbaik dari banyak destinasi sejarah-budaya nasional.

“ Siapa yang tak kenal Buya Hamka, ketua MUI pertama, ulama besar yang mengharumkan nama bangsa Indonesia, tokoh pejuang bangsa, yang menjadi kebangaan Indonesia,” sebut Bupati Agam itu bersemangat.

Ditambahkan, saat ini banyak karya, buku-buku,dan peninggalan Buya Hamka ada di museum itu yang bisa dinikmati pengunjung,” agar tidak penasaran, silahkan berkunjung ke museum Buya Hamka, suasananya asri, sejuk, dan indah, berada di pinggir danau Maninjau nan memukau, “ ungkapnya berpromosi.

Bupati Agam Andriwarman berterimakasih pada seluruh elemen masyarakat dan semua pihak yang memberi dukungan pada Museum Buya Hamka sehingga sukses meraih peringkat II API Award 2021 kategori situs sejarah, dari 17 kategori lain yang dinilai dalam API Award tersebut.

Seluruh khusus, Andri Warman berterimakasih pada masyarakat, tokoh ninik mamak, alim ulama dan kalangan pemuda di Nagari Sungai Batang dan Tanjung Raya, yang sukses mengusung ikon kebanggaan Sumatera Barat ke pentas nasional, “ Buya Hamka adalah marwah kita, mari selalu kita jaga dan pertahankan, beliau adalah sosok luar biasa yang menjadi panutan, “ ungkap Bupati Agam itu lagi.

HARMEN

To Top