Galetek

Satu Kalimat Bisa Gemparkan Dunia

Catatan : Harmen

Bupati Agam Dr.Indra Catri dikenal piawai dalam menulis dan berargumentasi. Apalagi saat memberi motivasi untuk masyarakat, para guru bahkan para siswa di berbagai acara, Bupati Agam yang sudah menjabat dua periode ini, sangat lihai menggugah motivasi.

Seperti halnya satu catatan menarik yang penulis tangkap saat Bupati Indra Catri membuka acara Spesaba Talent Contes ke-7 tingkat Sumatera Barat di SMPN 1 Banuhampu, Kabupaten Agam Sabtu, 15 Februari 2020.

Saat memotivasi para peserta spesaba talent contest tersebut, Indra Catri menyebut, satu kalimat bisa menggemparkan dunia, menjadi satu kausul penting yang dengan kekinian kondisi, sangat jarang yang memahami.

Apalagi, ditengah maraknya jaringan komunikasi informasi yang memanfaatkan tekhnologi internet, seperti media sosial menjadi salah satu media informasi yang kerap membangun kegemparan tentang berbagai hal.

Bahkan, tidak sampai satu kalimat, malah satu kata saja, sudah bisa membuat jagat maya gempar. Dan itu, sudah sangat banyak contoh yang terjadi, yang terkadang, kalimat yang sengaja dibuat agar memicu kegemparan justru berujung penjara karena dituntut secara hukum.

Satu kalimat bisa gemparkan dunia, sesuai pernyataan Indracatri, mestinya juga sebagai waring bagi seluruh masyarakat, tidak hanya penulis, wartawan, penggiat media sosial, tapi seluruh warga yang terkadang abai akan norma, aturan hukum bahkan etika dalam berkomunikasi tulisan, sehingga hanya karena tersulut emosi marah atau merasa tidak senang akan sesuatu, meretas satu kalimat yang membuat gempar dunia, justru akhirnya harus berurusan dengan aparat hukum karena dilaporkan pihak-pihak yang tidak senang dan tersinggung karena dianggap sebagai perbuatan yang tidak menyenangkan.

Sudah banyak contoh kasus yang terjadi. Bahkan, yang kerap menjadi korban para pejabat public yang kerap terdampak bullyng akibat kebijakan yang dibuat, atau kalimat yang dianggap iseng karena selalu update di media sosial, atau hal-hal kecil lain yang justru membuat gempar, yang anehnya kerap membuat kita sendiri terpakar dalam masalah.

Harfiahnya, satu kalimat bisa gemparkan dunia, mesti menjadi satu catatan peringatan untuk kita semua, betapa kalimat, kata atau sajian pernyataan yang keluar,mesti dianalisa dengan matang, termasuk kalangan Pers yang harus bekerja professional, informasi yang akurat, data pendukung, sumber yang kuat, serta konfirmasi, itu kunci penting yang bisa menjadi pengaman bagi aktivitas luar biasa di dunia informasi-tekhlogi saat ini.

Satu kalimat bisa gemparkan dunia, adalah bagian dari konsep penting bagi semua aktivitas, termasuk mendorong masyarakat untuk hobi bermain kata, menulis bahkan berselancar di dunia maya dengan etika yang professional. Jangan karena ingin menggemparkan dunia dengan satu kalimat,justru membuat kita terseret ancaman pidana. Semoga.

(*)

To Top