Kaba Terkini

Naik 5%, Kebutuhan Hewan Qurban di Agam Diprediksi 5.828 Ekor

Lubukbasung, KABA12.com — Dinas Pertanian Kabupaten Agam memprediksi kebutuhan hewan qurban untuk Idul Adha 1440 H mengalami peningkatan 5 persen.

Kebutuhan hewan qurban kabupaten Agam yang dipenuhi dari sejumlah wilayah akan dipastikan terpenuhi kriteria ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

Sekretaris Distan Agam, Zufren menyebutkan, kebutuhan masyarakat akan hewan qurban kerap mengalami peningkatan sekitar 5 persen setiap tahunnya.

Menurut catatannya, jumlah hewan qurban yang disembelih pada Idul Adha 1439 H sebanyak 5.415 ekor. Tahun berikutnya, jumlah hewan qurban yang disembelih bertambah menjadi 5.828 ekor.

“5.828 ekor hewan qurban itu terdiri dari sapi 5.569 ekor sapi/kerbau dan 259 ekor kambing. Ini masih data sementara sampai tanggal 6 Agustus 2019. Saat ini data masih bergerak dan diharapkan Jumat bisa data cukup lengkap,” ujarnya.

Ia mengatakan, pemotongan hewan qurban itu tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Agam.

Jupren memprediksi pemotongan hewan qurban di Lubukbasung akan mencapai sebanyak 475 ekor sapi dan lima ekor kambing. Tanjungmutiara 200 ekor sapi dan satu ekor kambing.

Sedangkan Palembayan 276 ekor sapi dan 25 ekor kambing, Ampeknagari 96 ekor sapi dan lima ekor kambing.

Lalu, Kecamatan Tilatangkamang 680 ekor sapi dan 35 ekor kambing. Kemudian, Palupuah 160 ekor sapi dan 40 ekor kambing dan kecamatan lainnya.

“Hewan qurban itu berasal dari Dharmasraya, Solok, Padangpariaman dan juga dari peternak lokal. Disamping itu, beberapa peternak kita juga memasok untuk Bukittinggi, Padang, Pasaman Barat dan Pasaman,” jelasnya.

Zufren menambahkan, hingga 11 Agustus 2019 pihaknya akan mengclearkan pemeriksaan kelayakan serta antisipasi pemotongan sapi betina (ruminansia).
(Jaswit)

To Top