Kaba Terkini

Selama Lebaran, Pasokan Listrik Riau – Kepri Dipastikan Aman

Pekanbaru, KABA12.com — Kantor PLN Wilayah Riau-Kepri memastikan pasokan listrik selama lebaran akan tetap aman. Hal tersebut dipastikan oleh Manejer SDM dan Umum, PLN Wilayah Riau-Kepri, Dwi Suryo Abdulah.

Ia mengungkapkan pasokan listrik selama lebaran dipastikan aman dan diprediksi selama lebaran akan terjadi penurunan beban sekitar 10%.

“Kami dapat pastikan, pasokan daya listrik untuk wilayah Riau yang ada di jalur interkoneksi jaringan Sumatera akan aman,” ungkap Dwi, seperti dikutip detik.com.

Dwi menjelaskan, satu bulan sebelum Ramadan, pihaknya sudah melakukan langkah preventif berupa pemeliharaan jaringan, kesiapan pembangkit, gardu induk dan transmisi serta jaringan distribusi.

“Sehingga dengan langkah preventif itu kami harapkan jaringan listrik tidak mengalami gangguan pada jaringan,” kata Dwi.

Disisilain, selama Ramadan atau sampai Lebaran diperkirakan penggunaan daya listrik saat jam puncak mengalami penurunan sekitar 10 persen. Sebelum Ramadan, beban puncak mencapai 586 MW.

“Nah, dari perhitungan kita selama ramadan ini hingga H-3, beban puncak sudah mengalami penurun menjadi sekitar 540 MW. Kondisi ini biasanya akan tetap berlangsung hingga Lebaran nanti,” kata Dwi.

Untuk kebutuhan pasokan daya, saat ini pasokan dari Riau sendiri ada 488 MW dari kebutuhan normal 586. Terjadi kekurangan sekitar 200 MW.

“Untuk kekurangan sekitar 200 MW ini, kita menggunakan jalur koneksi dari Sumatera Bagian Selatan dan Sumatera Bagian Utara. Sehingga pasokan daya listrik di Riau dapat dipastikan tetap aman,” tutupnya.

(Dany)

To Top