Kaba Terkini

Santri Ponpes Al Muttaqin Balai Belo Divaksin Covid-19

Koto Kaciak, KABA12.com — Puluhan santri pondok pesantren (Ponpes) Al Muttaqin Balai Belo, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mulai menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama, Selasa (26/10).

Layanan vaksinasi gratis itu melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Pasar Ahad dan aparat Polsek Tanjung Raya.

Pimpinan Ponpes Al Muttaqin Balai Belo, Iqlil Gayo mengatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi para santri bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan herd immunity atau kekebalan kelompok agar terhindar dari paparan Covid-19.

Ia menyebut, para santri yang mengikuti vaksinasi merupakan mereka yang telah mendapat izin dari orang tua.

“Santri yang melakukan vaksinasi harus diberi izin orang tua dulu. Kita juga menargetkan semua santri disini dapat mengikuti vaksinasi kecuali bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan,” ujarnya kepada KABA12.com.

Ia menambahkan, jumlah santri Ponpes Al Muttaqin Balai Belo ini tercatat sebanyak 140 orang. Pihaknya menargetkan 100 persen santri bisa mendapat izin orang tua untuk melaksanakan vaksinasi.

Menurutnya, pemberian vaksin kepada para santri merupakan salah satu utama untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka. Hal itu, kata dia, sudah tercantum dalam instruksi Gubernur Sumatera Barat dan Bupati Agam tentang percepatan pelaksanaan vaksinasi.

“Namun kita tetap memiliki kesepakatan bahwa santri yang diperbolehkan untuk divaksin adalah mereka sudah mendapatkan izin dari orang tua masing-masing,” ucapnya.

Kapolsek Tanjung Raya AKP Yudi Partanto didampingi Wakapolsek Iptu Akhiruddin menyebut, saat ini pihaknya terus berupaya mendorong masyarakat agar melaksanakan vaksinasi di gerai vaksin terdekat seperti di nagari ataupun di sekolah.

Menurutnya, vaksinasi merupakan program pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.

“Kita harapkan seluruh masyarakat yang menjadi target sasaran penerima vaksin terutama usia 12 tahun ke atas itu dapat mensukseskan program vaksinasi demi mencapai target herd immunity atau kekebalan kelompok,” jelasnya.

(Bryan)

To Top