Kaba Terkini

Pertahankan Juara Umum, Limakaum Kembali Gelar MTQ Kecamatan

Limakaum, KABA12.com — Siap pertahankan tahta juara umum MTQ tingkat kabupaten dua kali berturut-turut, kecamatan Limakaum kabupaten Tanah Datar kembali menggelar Musabaqah Tilawati Quran (MTQ) untuk menjaring bibit-bibit unggul yang akan diutus dalam MTQ ke-40 tingkat kabupaten 2018 mendatang.

Kegiatan MTQ tingkat kecamatan Limakaum, Jumat (08/12) dibuka secara resmi Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma di Lapangan Cindua Mato Batusangkar. Pembukaan lomba tersebut menjadi magnet bagi warga kota budaya itu karena dimeriahkan dengan penampilan kesenian khas Tanah Data seperti talempong pacik yang terbuat dari batok kelapa.

Camat Limakaum Afrizal mengatakan, MTQ kali ini diikuti 500 orang peserta dari 5 nagari yang ada di Limakaum. Nagari Baringin, nagari Limakaum, nagari Cubadak, nagari Labuah dan nagari Parambahan. Ia berharap agar pelaksanaan musabaqah tahun kedua ini dapat menemukan bibit unggul dari Limakaum untuk bersaing di tingkat kabupaten nantinya.

“Kita sudah dua kali berturut jadi juara umum di MTQ tingkat kabupaten. Kita sudah bertekad mempertahan prestasi itu. Semoga kegiatan kali ini melahirkan qori dan qoriah terbaik,” kata Camat Limakaum.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma memberikan apresiasi yang tinggi terhadap panitia penyelenggara MTQ kecamatan Limakaum, karena kegiatan pembukaan berlangsung sangat meriah dan ramai.

“Ini sudah hampir sama dengan pembukaan Tour de Singkarak dan Festival Pesona Budaya Minangkabau beberapa waktu lalu,” pujinya.

Zuldafri Darma berharap melalui ajang ini dapat melahirkan bibit qori dan qoriah yang mampu mempertahankan juara umum untuk ketiga kalinya di Kecamatan Lintau Buo 2018 mendatang. Serta mewujudkan misi Tanah Datar menjadi kabupaten Madani dan kabupaten Tahfiz.

“Kita berharap agar masyarakat juga membiasakan diri membaca Alquran setiap harinya dan menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup sehingga terhindar dari penyakit masyarakat yang merebak saat ini. Jadikan momentum ini untuk meningkatkan ukhuwah Islamiah sesama umat Muslim dan wujud dari misi pemerintah daerah kabupaten Tanah Datar sebagai kabupaten Madani dan kabupaten Tahfiz,” ujarnya.

MTQ tingkat kecamatan Limakaum ini akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan mulai 8 hingga 10 Desember 2017.

(Jaswit)

To Top