Pariwara DPRD Agam

Paripurna PAW DPRD Agam, Novi Irwan Kukuhkan Budi Harto

Pariwara, KABA12.com — Sidang paripurna DPRD Agam Selasa,(3/3) di ruang sidang utama dewan dengan materi utama penetapan dan pengukuhan anggota pengganti antar waktu (PAW) DPRD Agam periode 2019-2024 berlangsung haru.

Pasalnya, pengukuhan sidang paripurna PAW yang dipimpin ketua DPRD Agam Novi Irwan, dengan prosesi pengukuhan Budi Harto, sebagai anggota DPRD Agam baru, menggantikan Arman J.Piliang,(alm) yang berpulang bulan September 2019 lalu.

Pengukuhan Budi Harto sebagai anggota DPRD Agam, sesuai dengan surat keputusan yang dibacakan sekretaris DPRD Agam Indra Dt.Baradai, dimana sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan, pasca ada anggota dewan yang berpulang dan berhalangan tetap ditentukan pengganti antar waktu (PAW).

Pengukuhan Budi Harto sebagai anggota DPRD Agam periode 2019-2024 ,sebut Indra Dt.Baradai melengkapi komposisi anggota DPRD Agam yang berjumlah 45 orang, “ selamat kepada pak Budi Harto, semoga amanah yang diemban bisa makin mengoptimalkan kinerja DPRD Agam sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diemban,” sebut Indra. HARMEN

Paripurna PAW DPRD Agam Diwarnai Keharuan

Sidang paripurna DPRD Agam dengan materi utama pelantikan dan pengukuhan anggota penganti antar waktu (PAW) dari Arman J.Piliang (alm) yang meninggal dunia akibat sakit bulan September 2019 lalu, digantikan Budi Harto, dari fraksi partai Golkar.

Prosesi pengukuhan itu sendiri berlangsung haru, bahkan suasana persidangan yang dihadiri seluruh unsur pimpinan DPRD Agam, wakil bupati Agam dan para kepala OPD Pemkab Agam itu, cenderung hening dan tenang. Kentara betul, suasana haru dan duka masih menyelumuti ruang sidang utama tersebut.

Menurut Hasneril, Kasubag.Humas-Protokol Sekretariat DPRD Agam, sidang paripurna DPRD Agam yang diagendakan untuk pengukuhan dan pelantikan Budi Harto sebagai anggota DPRD Agam periode 2019-2024, menggantikan Arman J.Piliang (alm), sudah dipersiapkan sejak lama sejak surat keputusan penetapan PAW dikeluarkan gubernur Sumbar.

Sesuai mekanisme yang ditetapkan, PAW berasal dari usulan internal partai politik, dalam hal ini dari partai golkar yang sudah melalui tahapan administrasi yang ditetapkan, sampai pada dikeluarkannya SK gubernur Sumbar, “ untuk prosesi sidang paripurna PAW itu, secretariat dewan sudah mempersiapkannya secara maksimal, dan Alhamdulillah berjalan lancar, “ sebut Hasneril. HARMEN

Ketua DPRD Agam Lantik Budi Harto Gantikan Arman J.Piliang

DPRD Agam menggelar rapat paripurna pelantikan anggota pengganti antar waktu (PAW) kepada Budi Harto, S.Ag di aula utama Kantor DPRD Agam, Selasa (3/3). Rapat paripurna itu sekaligus meresmikan pemberhentian Arman J. Piliang (alm) sebagai anggota DPRD Agam periode 2019-2024 yang meninggal pada September 2019 lalu.

Pelantikan itu ditandai dengan pembacaan sumpah dan penandatanganan surat pernyataan pengangkatan Budi Harto, S.Ag disaksikan ketua DPRD Agam Novi yang sekaligus memimpin sidang paripurna yang dihadiri seluruh unsur pimpinan dewan, para anggota dan para pejabat Pemkab.Agam lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Agam Novi Irwan, menyampaikan ungkapan terimakasih dan doa untuk almarhum Arman J. Piliang dan keluarga, atas jasa yang telah diberikan dalam pengabdiannya untuk masyarakat kabupaten Agam selama hidupnya, sebagai anggota DPRD Agam.

Ditambahkan, Arman J.Piliang, yang semasa hidupnya dikenal sebagai politis senior bahkan sukses meraih kepercayaan masyarakat sebagai anggota DPRD Agam selama 4 periode berturut-turut.

“ Kami sangat bangga akan eksistensi beliau, karena banyak pengalaman yang bisa dipetik dari perjuangan dalam masa pengabdiannya mewakili masyarakat yang memilihnya, termasuk pola kegigihan, tanggungjawab, loyalitas dan berbagai hal lain yang menjadi catatan sejarah penting bagi lembaga DPRD Agam, “ ulas Novi Irwan.

Disebutkan ketua DPRD Agam itu, banyak hal yang dilakukan almarhum semasa hidupnya, untuk mendorong kemajuan daerah, menjabarkan aspirasi dan mengawasi berbagai kegiatan pembangunan di kabupaten Agam, termasuk jalinan komunikasi dengan berbagai pihak, tidak hanya dengan masyarakat, tapi juga dengan mitra kerja sampai ke tingkat pusat.

“Semua jasa-jasa yang dilaksanakan Almarhum selama 4 periode berturut -turut itu merupakan tanggungjawab kita bersama, dan semoga menjadi amal ibadah bagi almarhum,” katanya. HARMEN

Wabup Agam Minta Budi Harto Lengkapi Kemitraan

Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria dalam sambutannya dalam sidang paripurna DPRD Agam dengan agenda pengukuhan dan pelantikan Budi Harto sebagai PAW, menggantikan Arman J.Piliang,(alm) mengatakan, kepergian almarhum Arman J. Piliang anggota fraksi partai Golkar itu meninggalkan duka yang sangat mendalam dan membekas bagi masyarakat kabupaten Agam, pasalnya almarhum dikenal telah berbuat banyak kepada DPRD dan Pemkab Agam.

Disebutkan Trinda Farhan Satria, sesuai dengan regulasi yang ada, jika ada anggota DPRD yang meninggal dunia atau berhalangan tetap, maka harus dilaksanakan pergantian. Dan proses itu terjadi dalam PAW Arman J. Piliang (alm) yang digantikan Budi Harto, sebagai anggota DPRD Agam periode 2019-2024.

Dijelaskan Wabup, semua prosedur dan proses ini telah dilaksanakan DPRD Agam sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, karena pada pertengahan Januari 2020 telah dilakukan peresmian PAW Anggota DPRD Agam atas nama Arman J. Piliang (alm) sekaligus pengangkatan PAW atas nama Budi Harto dari fraksi partai golkar.

“Selamat kepada Budi Harto yang telah resmi menjadi bagian keluarga besar DPRD Agam dan bagian Pemkab Agam. Semoga disisa masa jabatan 2020-2024 ini bisa mengemban tugas yang diamanahkan masyarakat dengan penuh semangat, bijaksana, dan tanggungjawab, dan keberadaan Budi Harto semakin melengkapi eksistensi dewan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diemban,” ulas Wabup. Agam itu lagi. HARMEN

Mengenang Arman J.Piliang
Politisi Ulet Golkar 4 Periode Jadi Anggota Dewan

Bagi masyarakat kabupaten Agam, terutama di Dapil. V, nama Arman J.Piliang (alm) sangat dikenal sebagai salah satu politisi senior yang senantiasa memberi warna dalam keseharian aktivitas masyarakat.

Bahkan, Arman J.Piliang (alm) semasa hidupnya, dikenal sebagai salah satu tokoh sentral yang kerap memberi warna dalam beragam isu-isu politik yang berkembang, tidak hanya di kabupaten Agam, tapi juga di Sumatera Barat.

Dibuktikan, bukti eksistensi Arman J.Piliang,(alm), tidak hanya di lembaga DPRD Agam, bahkan sampai 4 pemilu, nama Arman J.Piliang yang konsisten memilih partai golkar sebagai kapalnya dalam kasanah politik, tapi juga di berbagai organisasi besar, nama tokoh yang akrab dengan masyarakat itu, kerap menjadi bahan perdebatan bahkan jadi penentu kebijakan.

Termasuk di DPRD Agam, beberapa anggota DPRD Agam, anggota sekretariat dan para awak media yang kesehariannya kerap bertugas di lembaga legislative itu, kepergiaan Arman J.Piliang menghadap Sang Khalik, membangun rasa hilang yang terperi. Hal itu, karena rasa yang dibangun lama, sehingga ada yang hilang setelah sosok ini berpulang.

Seperti halnya pengakuan Hasneril, Kasubag.Humas-Protokol Sekretariat DPRD Agam, yang mengaku berduka dengan sosok Arman J.Piliang yang diakuinya akrab bersama jajaran secretariat khususnya di Subag.Humas-Protokol, apalagi yang berkaitan dengan media, “ semua almarhum diberi tempat yang layak disisiNya, “ ungkap Hasneril dengan nada pelan.

HARMEN

To Top