Kaba Terkini

KLHK Optimis Penyelamatan Danau Maninjau Maksimal

Lubukbasung, KABA12.com — Pejabat pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan program penyelamatan Danau Maninjau dari pencemaran harus mengacu pada satu rencana pengelolaan yang sama agar tujuan yang diharapkan bisa tercapai secara maksimal.

Menurut Kasubdit Pengendalian Kerusakan Danau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Inge Retnowati di Agam, Selasa (18/2), Danau Maninjau satu dari 15 danau prioritas nasional yang dituangkan dalam RPJM Nasional 2020-2024. Ini program bersama lintas lembaga, jadi programnya harus sinergis.

‘’Sebagai danau prioritas nasional ada 11 kementerian yang bersama-sama akan membantu pengelolaan dan penyelamatan Danau Maninjau melalui program di kementeriannya masing-masing.’’katanya usai mengikuti rapat koordinasi terkait penyelamatan Danau Maninjau dengan sejumlah perwakilan kementerian, Pemerintah Provinsi Sumbar, dan Pemkab Agam.

Dikatakan, jika setiap kementerian melaksanakan program dan kegiatan sendiri tanpa adanya koordinasi, dikhawatirkan nanti tidak tepat sasaran sehingga tujuan penyelamatan Danau Maninjau tidak tercapai secara maksimal.

“Tujuan kita sekarang menyatupahamkan visi kita, pandangan kita, pemahaman kita terhadap kondisi dan kebutuhan pengelolaan seperti apa. Kita lihat langsung di lapangan, kita gali langsung dari masyarakat. Kita sudah punya rencana pengelolaan. Melalui kunjungan ini kita akan memastikan apa yang menjadi fokus penanganan segera, prioritas,” terangnya

Informasi yang dikumpulkan selama kunjungan itu, katanya, akan dibawa ke pusat untuk dirumuskan secara bersama sehingga dukungan bisa lebih kuat dan fokus.

(Virgo/*)

To Top