Kaba Bukittinggi

Halte Pustaka Lurah Tembok Diresmikan

Bukittinggi, KABA12.com — Kelurahan Puhun Tembok, kecamatan Mandiangin Koto Selayan, lakukan inovasi dengan perpustakaan mini bertemakan halte dan telepon umum, yang diresmikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Sabtu (17/06).

Program ini menjadi salah satu abituasi aktualisasi M.Idrus Lubis mahasiswa IPDN yang magang di kelurahan Puhun Tembok, berkoordinasi dengan pihak kelurahan.

M. Idris mengungkapkan, pustaka mini ini dibantu donatur melalui website dan media sosial serta masyarakat seluruh Indonesia.
Sehingga terkumpul dana sekitar Rp 7 juta dan 100 buku yang juga didonasikan oleh masyarakat.

Lurah Puhun Tembok, Hastine Atas Asih menjelaskan, pembuatan pustaka mini diawali dengan ide dari M. Idris yang melihat minimnya minat baca di kelurahan Puhun Tembok. Selain itu, banyak kegunaan perpustakaan mini ini, karena posisi kantor lurah Puhun Tembok berada di sekitar sekolah, sehingga dapat dimanfaatkan para pelajar.

“Pustaka mini ini terbuka untuk umum. Masyarakat dapat menyalurkan hobi baca sambil menunggu pelayanan di kantor lurah. Pustaka ini juga bertujuan untuk mengurangi ketergantungan siswa pada android dan kecanduan warnet,” ujarnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi, Drs. Novri mengapresiasi program yang dilakukan kelurahan Puhun Tembok dan juga M. Idris Lubis. Hal ini sangat mempengaruhi peningkatan minat baca masyarakat.

“Ini bisa menjadi role model bagi kelurahan lain. Tanpa biaya dari APBD, kelurahan bisa membangun perpustakaan. Minat baca harus ditingkatkan. Jadikan masyarakat Bukitttinggi hobi baca, karena buku adalah jendela dunia,” tegasnya.

Pemko berharap, masyarakat diharapkan mampu memanfaatkan fasilitas perpustakaan mini ini. Dengan membaca buku, banyak ilmu yang didapatkan. Kemajuan teknologi harus disaring dengan membaca sebagai pusat ilmu yang terpercaya.

(Ophik)

To Top