Kaba Bukittinggi

Dekranasda Bukittinggi Ikuti Pameran Kriyanusa 2019

Bukittinggi, KABA12.com — Dekranasda Kota Bukittinggi mengikuti Pameran Kriyanusa dalam rangka rangkaian kegiatan HUT Dekranas, pada Rabu- Minggu (11-15/09) di Balai Kartini Jakarta.

Ketua Dekranasda Kota Bukittinggi, Ny. Yesi Ramlan Nurmatias saat dimintai keterangan mengatakan, Pameran Kriya Nusa 2019 ini diikuti Deskranada seluruh Indonesia yang memfasilitasi pengrajin di daerah masing-masing, beberapa BUMN dan Kementerian yang memfasilitasi mitra binaannya serta pengrajin yang sudah mampu mengikuti secara mandiri dengan jumlah 265 stan, yakni 37 stan Kementerian dan BUMN, 170 stan Dekranasda, 25 stan individu, 8 stan mitra dan 6 stand asosiasi.

“Bukittinggi sengaja mengambil dua stand dengan menampilkan IKM Bordir/ Kerancang Ambun Suri dan IKM Sulaman Putri Ayu. Tentu saja kita berharap hasil kerajinan dari IKM yang dibawa Dekranasda Bukittinggi diminati pengunjung dan berdampak bagi kemajuan IKM itu sendiri,” ungkapnya.

Menurut Yesi, pameran Kriya Nusa 2019 ini menampilkan karya-karya kreatif bidang kerajinan dan bersyukur pameran tersebut bisa diadakan setiap tahunnya. Industri kerajinan merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat berkembang dan hampir di seluruh pelosok Tanah Air, baik dari skala mikro, kecil sampai menengah.

“Tentu saja itu harus menjadi peluang bagi kerajinan Bukittinggi untuk semakin dikenal dan mendunia. Apalagi pameran ini diselenggarakan untuk meningkatkan kreatifitas para peserta dalam menghadapi persaingan global,” ujar Yesi.

Pembukaan pameran yang mengangkat tema “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas dan Kewirausahaan” ini dihadiri Ibu Negara Iriana Jokowi bersama Istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla beserta istri-istri menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja).

(Ophik)

To Top