Kaba Terkini

Antisipasi Dampak Abrasi Muara Sungai Ujuang Labuang Dialihkan

Tiku, kaba12.com — Untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak abrasi pantai lebih parah di wilayah pantai Jorong Ujuang Labuang, nagari Tiku V Jorong kecamatan Tanjung Mutiara, masyarakat setempat sepakat mengalihkan muara sungai Ujuang Labuang ke sisi yang lebih aman.

Proses pengalihan muara sungai Ujuang Labuang dilakukan Selasa,(29/10) pasca abrasi pantai Senin kemarin, yang berpotensi mengancam rumah penduduk di kawasan itu.

Proses pengalihan muara sungai itu sendiri ditangani bersama menggunakan alat berat milik PT.Mutiara Agam yang dimediasi anggota DPRD Sumbar H.Syafril Huda dan anggota DPRD Agam H.Gema Syahputra, bersama jajaran pemerintah kecamatan dan nagari setempat.

Menurut Weri Ikhwan, Kasi.PMN Tanjung Mutiara, proses pengalihan muara sungai itu, merupakan salah satu solusi jangka pendek dalam upaya mengantisipasi dampak yang lebih buruk pasca abrasi pantai di wilayah tersebut.

Ditambahkan Weri Ikhwan, penanganan darurat itu sudah disepakati bersama berbagai elemen masyarakat sekaligus bergerak ke lapangan untuk pengalihan muara sungai tersebut.

” Kita berupaya mengantisipasi sejak dini, mengingat ancaman abrasi pantai sudah makin mendekat, diharapkan dengan pengalihan muara sungai itu, bisa menekan debit air saat musim hujan yang menyatu dengan air laut, sehingga memicu abrasi di kawasan itu,” jelas Weri Ikhwan lagi.

Goro bersama pengalihan muara sungai itu diikuti berbagai komponen masyarakat setempat menggunakan alat berat PT.Mutiara Agam.

(Jaswit)

To Top