Kaba Pemko Bukittinggi

Tambah Wawasan Pakan Kurai Silaturrahmi ke Payobasuang

Bukittinggi, KABA12.com — Belasan kader PKK kelurahan Pakan Kurai kecamatan Guguk Panjang Bukittinggi, melaksanakan karya wisata ke kelurahan Payobasuang, Payakumbuh Timur, 3 Februari lalu. Hal ini dilakukan dalam rangka menambah wawasan kader PKK.

Di Payobasuang, rombongan disambut oleh Camat, Kabid kehumasan Payakumbuh Irwan Suwandi SN, S.Ip yang juga mantan Lurah Payobasuang. Plt. Lurah Warhamni, Ketua LPM, RT, RW, tokoh masyarakat serta kader PKK.
Lurah Pakan Kurai, Tomi Hidayat menjelaskan, dipilihnya kelurahan Payobasuang sebgaai lokasi karya wisata, karena Payobasuang merupakan kelurahan tetangga yang bertaburkan prestasi.

“Kami pilih Payobasuang karena dari informasi, banyak program dan inovasi yang dilahirkan kelurahan Payobasuang. Terbukti dengan telah ditetapkannya Lurah Payobasuang sebagai Lurah terbaik tingkat kota Payakumbuh dan juara tiga tingkat Sumbar,” jelasnya kepada KABA12.com, Rabu (07/02).

Lebih lanjut, Tomi juga memaparkan bahwa kelurahan Pakan Kurak juga mempelajari tentang program jaminan kesehatan kelurahan (Jamkeskel), kerjasama antara keluarhan, LPM dan PKK dan beberapa program lainnya. Hal ini sebagai rujukan agar dapat diterapkan juga di Pakan Kurai.

“Studi banding ini tentunya melahirkan beberapa pengetahuan yang bisa menjadi acuan program ataupun kegiatan yang dapat diterapkan di Pakan Kurai. Seperti lebih efektif menjalin kerjasama dengan BPJS dan beberapa program lain terkait peningkatan mutu dari kader PKK serta warga dan sinergitas dengan LPM,” jelasnya.

Sementara, Camat Payakumbuh Timur, L. Kefrinasdi mengapresiasi kedatangan Pakan Kurai ke Payobasuang. Hal ini menjadi salah satu motivasi untuk dapat terus berbenah dan meningkatkan kualitas karena sudah terpilih menjadi daerah kunjungan.

“Terima kasih atas kunjungan dari Pakan Kurai, Payobasuang pada saat dibawah kepemimpinan Lurah Irwan, cukup menggeliat. Bahkan karena inovasinya, Irwan dapat menjadi Lurah Terbaik di Payakumbuh. Tentu ilmunya bisa diambil dan tidak tertutup kemungkinan Plt Lurah Payobasuang bisa ¬†bertukar pikiran dengan Lurah Tarok Dipo dalam membangun daerah tingkat kelurahan,” jelasnya.

Lebih dari dua jam di kantor lurah Payobasuang, rombongan PKK Pakan Kurai, juga berkesempatan untuk berwisata ke Lembah Harau dan Kelok Sembilan.

(Ophik)

To Top