Kaba Bukittinggi

Subuh Berjamaah #17 Menggelora

Bukittinggi, KABA12.com — Tak kurang dari 4000 jemaah mengikuti Gerakan Subuh Berjemaah jilid 17 (#17) di Mesjid Jami’ Aur Kuning, Ahad (02/04). Shalat dipimpin oleh Ustadz Salman Tuanko Rajo, SHI, MA dan tausiyah oleh Habib Muchsin Al Attas, da’i Nasional dari Jakarta.

Pengurus Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI Bukittinggi-Agam, Rifki Syaiful  mengatakan, Gerakan Subuh Berjamaah telah dilaksanakan di kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam sejak Desember 2016 lalu. Aksi ini dilaksanakan rutin pada Ahad setiap Minggunya.

“Setiap minggu kita adakan pada Ahad dan Alhamdulillah selalu dihadiri ribuan jemaah, tidak hanya dari Bukittinggi dan Agam saja, namun juga dari Payakumbuh, Padang Panjang, Padang, bahkan dari Pekanbaru,” ujarnya.

Sementara itu, H. Syahrul DT. Dikoto, pengurus Mesjid Jami’ Aur Kuning menjelaskan, kegiatan diawali malam bina dan taqwa (mabit) dengan Halaqah Al Quran, Qiyamul Lail pada Sabtu malam dan ditutup dengan Shalat Subuh berjamaah pada Ahad pagi.

“Alhamdulillah, kami bersyukur semakin banyak warga yang ikut Subuh Berjamaah. Semoga dapat terus dilakukan setiap hari dan setiap waktu shalat, sehingga lebih menggelorakan cinta Islam dalam diri masyarakat kita. Terima kasih juga kepada GNPF MUI Bukittinggi Agam yang juga telah mengadakan kegiatan luar biasa di Mesjid kita ini,” ujar tokoh kurai yang akrab disapa H. Anggun ini.

Dalam tausiyahnya, Habib Muchsin Al Attas menyampaikan tolak ukur besatunya umat Islam adalah ketika jemaah Shalat Subuh, sama banyaknya dengan Shalat Jum’at. Bersatunya umat Islam dapat menjauhkan diri dari berbagai cobaan dan ujian.

“Umat Islam adalah umat paling toleran di muka bumi. Saat ini banyak ujian kepada umat Islam, upaya memecah belah umat, kita di adu domba. Ini harus kita sikapi dengan terus berusaha dan bertawakkal kepada Allah, meningkatkan iman dan taqwa, bersatu meningkatkan Ukhuwah Islamiyah,” ujar Habib mengingatkan jemaah.

Selain fokus dengan keagamaan, juga dilaksanakan aksi sosial donor darah, bekerjasama dengan PMI Bukittinggi di setiap kegiatannya. Sehingga terjadi sinergi antara meningkatkan keimanan diri dan peduli sesama dengan aksi sosial PMI.

Untuk Ahad selanjutnya, Gerakan Subuh Berjemaah, akan dilaksanakan di Mesjid Raya Surau Batu, Sungai Pua, Kabupaten Agam, dengan mendatangkan penceramah dari Yogyakarta.

(Ophik)

To Top