SMKN 2 LUBAS

SMKN 2 Lubukbasung Dorong Usaha Siswa

Sungai Jariang, kaba12.com — Beberapa jurusan prioritas yang sukses mengembangkan usaha di SMKN 2 Lubukbasung berpeluang menjadi bidang usaha para siswa untuk dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan para siswa, bahkan bisa membayar biaya sekolah.

Beberapa jurusan yang kini menonjol, terutama jurusan agribisnis yang sukses mengembangkan usaha pertanian dan perkebunan yang dalam beberapa triwulan terakhir sukses memanen hasil perkebunan dan sudah dilempar ke pasaran.

Hal serupa dilakukan jurusan tataboga, elektro dan berbagai jurusan lain yang secara spesifik sudah mendatangkan manfaat lebih bagi sekolah.

Kepala SMKN 2 Lubukbasung Drs.Zulhatman,Mpd, menyebutkan beberapa peluang usaha yang kini berkembang di sekolah kejuruan itu, sudah terlihat, salah satunya bidang agribisnis, dimana kelompok jurusan yang mengembangkan usaha perkebunan, ada persentase tertentu yang diterapkan untuk membagi usaha, termasuk dibagi untuk para siswa, “ malah dimanfaatkan para siswa untuk membayar biaya sekolah, “ sebutnya.

Hal serupa dilakukan jurusan tata boga, untuk urusan konsumsi dan makanan ringan saat ada kegiatan besar, sudah ditangani secara langsung oleh jurusan, “ sekolah tetap menyiapkan budget namun hasilnya dibagi sesuai persentase yang ditetapkan, termasuk untuk sekolah, “ ulasnya.

Sementara untuk jurusan elektro, saat ini seluruh jaringan listrik sudah dibenahi dan dibuat para siswa jurusan, termasuk jurusan media, seluruh jaringan internet dan kebutuhan multimedia sudah ditangani jurusan multimedia.

“Sekolah tetap mengalokasikan biaya, namun pengerjaan dilakukan oleh para siswa sesuai jurusan, dan hasilnya dibagi sesuai persentase yang ditetapkan, termasuk jatah untuk sekolah, sehingga selain program efisiensi berjalan, para siswa menguasai bidangnya, bahkan mendapatkan upah dari kegiatan yang dilakukan untuk sekolah, “ ulas Zulhatman.

HARMEN

To Top