Kaba Terkini

Selain Adipura, Walikota Bukittinggi Terima Nirwasita Tantra 2017

Bukittinggi, KABA12.com — Komitmen Walikota Bukittinggi dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup diakui secara nasional.

Setelah dipastikan akan menerima penghargaan Adipura tahun 2017, Ramlan Nurmatias juga dipastikan sebagai salah satu kepala daerah yang akan menerima Anugerah Nirwasita Tantra Tahun 2017 kategori kota bersama  walikota Surabaya dan walikota Balikpapan.

Penetapan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang ditanda tangani Menteri Siti Nurbaya tertanggal 26 Juli 2017 tentang Penetapan Penerima Penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2017.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Supadria menjelaskan, Nirwasita Tantra merupakan penghargaan dari pemerintah  diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan  program kerja untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup dengan bertumpu pada prinsip pembangunan berkelanjutan.

“Selain akan menerima Piala Adipura, walikota juga akan menerima penghargaan Nirwasita Tantra dari Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Agustus 2017 mendatang, di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat,” jelasnya.

Supadria menambahkan, Walikota berhasil masuk dalam tiga Walikota terbaik dan melalui penilaian ketat dari 8 Kota Nominator se Indonesia oleh Tim terhadap Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Kota Bukittinggi dan validasi serta akurasi data.

“Penilaian paling mendasar saat Walikota sebagai nominator melakukan presentasi dihadapan Tim Panelis independen dan forum tentang DIKPLHD tersebut pada tanggal 7 Juli 2017 lalu,” ujar Supadria.

Menyikapi hal itu Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengucap syukur dan bangga atas prestasi yang diraih. Kerja sama seluruh pihak terutama maayarakat menjadi poin penting keberhasilan ini.

“Alhamdulillah, Bukittinggi dalam beberapa bukan terakhir bertabur prestasi tingkat Nasional. Keberhasilan ini tak lepas dari dukungan semua pihak dan menjadi motivasi kedepan bagi kita untuk bekerja lebih maksimal, tidak hanya mengejar prrstasi, namun yang utama bagaimana membangun Bukittinggi ini menjadi kota terbaik di segala bidang, khususnya dalam melayani kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Diinformasikan tahun 2017, tercatat 3 provinsi penerima Nirwasita Tantra  yakni Jawa Timur, Sumatera Barat dan DKI Jakarta. Untuk kategori Kabupaten, kabupaten  Malang, kabupaten Dharmasraya dan kabupaten Sukorharjo. Sedangkan untuk kategori kota, kota Surabaya, kota Balikpapan dan kota Bukittinggi.

(Ophik)

To Top