Kaba Bukittinggi

SDN 16 Tarok Dipo Lahirkan Potensi Pelajar Melalui Lomba Cipta dan Baca Puisi

Bukittinggi, KABA12.com — SD Negeri 16 Tarok Dipo Kecamatan Guguak Panjang Bukittinggi, mengadakan Lomba Cipta dan Baca Puisi antar SD se-Kecamatan Guguak Panjang, Kamis (28/10).

Lomba ini dilaksanakan sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93.

Momentum Hari Sumpah Pemuda sangat terasa dalam kegiatan lomba ini. Dimana, siswa SDN 16 Tarok Dipo memakai pakaian adat tradisional dari sejumlah etnis.

Hal ini menggambarkan adanya rasa Satu Bangsa dan Satu Bahasa sesuai bagian isi dari Sumpah Pemuda tersebut.

Dalam Lomba Cipta dan Baca Puisi tersebut menghasilkan para pemuncak atau juara. Untuk juara Lomba Cipta Puisi antar SD se- Kecamatan Guguakpanjang, juara 1 diraih Arifatul Husna dari SDN 08 Tarok Dipo, juara 2 Saskia Wulan R dari SDN 18 Tarok Dipo dan juara 3 Farel Alfazet dari SDN 16 Tarok Dipo. Kemudian, untuk lomba Baca Puisi, juara 1 diraih Adifa Walidain dari SDN 03 Pakan Kurai, juara 2 Gadiza Putri Ainy dari SDN 14 Aua Tajungkang Tangah Sawah dan juara 3 Aura Latisha Nahdiwa dari SDN 16 Tarok Dipo.

Sementara, lomba Cipta Puisi khusus siswa SDN 16 Tarok Dipo, juara 1 diraih Zahira Lailatul A, juara 2 Zahira Kamila dan juara 3 Nabila Putri Zaida.

Kepala SDN 16 Tarok Dipo, Desnawati, S.Pd, menyampaikan, pihak sekolah berterimakasih kepada Paguyuban Kelas SDN 16 Tarok Dipo yang telan mensukseskan kegiatan ini. Hal ini juga mewujudkan visi misi SDN 16 Tarok Dipo.

“Kegiatan ini sekaligus mengimplementasikan pengembangan pendidikan karakter melalui peran serta masyarakat di sekolah. Sekolah juga berkolaborasi dengan Perpustakaan Sejuta Asa SDN 16 Tarok Dipo dengan Pustakawan Agus Suherman yang sekaligus ketua pelaksana lomba. Selain itu, kami juga menyampaikan terima kasih kepada para Anggota DPRD Bukittinggi Erdison Nimli sekaligus alumni, Edison Katik Basa dan Irman Bahar, Ketua Komite Syahrial bersama Humas Cokro Afrizal Tamber, Toko In Batik dan pihak-pihak lain yang telah mendukung pelaksanaan lomba ini. Terima kasih dan apresiasi kepada bapak-bapak dan ibu-ibu majelis guru yang telah berjibaku dan bekerja keras mensukseskan lomba ini,” ungkap Desnawati.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, mengapresiasi pelaksanaan lomba Cipta dan Baca Puisi sekaligus bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Marfendi berharap ikatan persatuan dan silaturrahmi antara sekolah dan paguyuban terus terjalin, demi perkembangan dan kemajuan sekolah ini.

Anggota DPRD sekaligus alumni sekolah setempat, Erdison Nimli, sangat bangga dengan kegiatan yang diangkat pihak SDN 16 Tarok Dipo. Kedepan, sekolah dapat mengangkat semua potensi para siswa termasuk di bidang seni.

Dalam kesempatan itu, para Jurnalis Cilik SDN 16 Tarok Dipo juga ikut menguji kemampuannya dengan mewawancarai para tamu yang hadir seperti Wakil Wali Kota Marfendi dan undangan lainnya.

Dewan Juri Ubai Dillah Al Anshory,M.Sn dan Dr. Dharminta juga menyambut positif bakat anak-anak dalam puisi. Para siswa dapat berlatih lebih keras serta mengembangkan bakat lebih jauh lagi.

(Ophik)

To Top