Kaba Agam

Rutan Kelas IIB Maninjau Gelar Pemeriksaan Kesehatan Narapidana

Maninjau, KABA12.com — Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam melakukan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh penghuni ‘hotel prodeo’ itu bekerjasama dengan Puskesmas Maninjau.

Kepala Rutan Kelas IIB Maninjau, Desrianto mengatakan, pemeriksaan dan pengobatan bagi narapidana merupakan program rutin yang dilakukan di rutan guna memberikan pelayanan yang prima.

Ia menyebut, pemeriksaan dilakukan secara rutin 2 kali dalam sebulan dengan mendatangkan tim tenaga kesehatan.

“Pengecekan kesehatan kita laksanakan setiap 2 kali dalam sebulan, mulai dari cek tensi, cek suhu tubuh, serta pemberian obat dan vitamin kepada warga binaan,” ujarnya kepada KABA12.com, Sabtu (15/1).

Menurutnya, setiap warga binaan memiliki hak untuk mendapat pelayanan kesehatan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan fisik warga binaan, sekaligus sebagai upaya deteksi dini terhadap resiko penyakit.

Pada Rabu (12/1) kemarin, pihaknya bersama nakes Puskesmas Maninjau telah melakukan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh narapidana. Pengecekan tersebut dilakukan di halaman rutan setempat.

Disamping itu, Rutan Kelas IIB Maninjau juga melakukan upaya antisipasi terhadap penularan Covid-19 seperti penyemprotan disinfektan ke seluruh blok hunian dan tempat lainnya.

Pihaknya juga memastikan seluruh narapidana tersebut telah melakukan vaksinasi guna mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.

“Petugas dan warga binaan disini sudah divaksin dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari Covid-19,” ujarnya.

(Bryan)

To Top