DPRD Agam

Pelantikan Anggota DPRD Agam Terpilih Ditunda

Lubukbasung, kaba12.com — Pelantikan anggota DPRD Agam terpilih yang mestinya dilaksanakan tanggal 7 Agustus 2019 diyakinkan tertunda karena masih adanya proses gugatan terkait dengan hasil pemilu legislatif di Mahlamah Konstitusi.

Hampir dipastikan, pleno penetapan dan paripurna pengukuhan anggota DPRD Agam periode 2019-2024 akan ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Kepastian tertundanya pelantikan anggota DPRD Agam periode 2019-2024 itu, dijelaskan Indra, sekretaris DPRD Agam, melalui Kasubag. Humas -Protokol Sekretariat DPRD Agam Hasneril, Kamis,(1/8).

Disebutkan, penyebab tertundanya pelantikan anggota DPRD Agam baru itu, karena masih adanya persidangan sengketa pemilu di MK antara Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan(PPP).

Dijelaskan Indra, dua partai yang bersengketa PAN dan PPP , masih menunggu jadual persidangan di MK, antara tanggal 6-9 Agustus mendatang.

Terkait dengan kondisi tersebut, pihaknya sudah mengkonfirmasikan hal itu, dari Divisi Teknis KPU Agam, terkait jadwal pengucapan putusan MK terkait gugatan pemilu baru akan dibacakan pada 6-9 Agustus 2019.

” Kemungkinan akan terjadi penundaan karena sesuai jadual harus tanggal 7 Agustus, sesuai periodesasi masa jabatan DPRD Agam,” jelas Indra.

Ditegaskan Indra, pihaknya sudah mengkonfirmasi hal itu dan beberapa opsi untuk solusi terbaik terkait masalah itu, masih dalam pembahasan.

” Intinya, potensi pelantikan sesuai jadual tanggal 7 Agustus sangat tinggi dan kita sudah bahas berbagai opsi termasuk penundaan jika penundaan pelantikan itu terjadi,” ulas sekretaris DPRD Agam itu lagi.

Ditegaskan, walau potensi tertundanya pelantikan anggota DPRD Agam periode 2019-2024 ,namun Pemkab Agam sudah membentuk panitia pelantikan, bahkan sudah mempersiapkan berbagai hal terkait dengan keberadaan anggota DPRD Agam yang baru tersebut.
HARMEN

To Top