Kaba Terkini

Pelajar Agam Raih Juara 1 Lomba Memasak Rendang Pakis-Pensi Tingkat Sumbar

Linggai, KABA12.com — Pelajar tingkat SLTA perwakilan Kabupaten Agam berhasil meraih juara 1 dalam event Gadih Marandang Competition 2022 se- Sumatera Barat yang digelar di objek wisata Linggai Park, Kecamatan Tanjung Raya, Minggu (18/12).

Event lomba memasak rendang pakis dan pensi ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam bersama organisasi Perempuan Indonesia Maju (PIM) DPD Sumatera Barat.

Kegiatan itu diikuti oleh peserta dari perwakilan pelajar SLTA dari seluruh kabupaten/kota di Sumbar, kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Penyerahan hadiah juara 1 diserahkan langsung oleh Bupati Agam diwakili Kepala Disparpora Agam, Syatria kepada peserta asal Kabupaten Agam. Mereka mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp 10 juta, piagam penghargaan, dan trophy.

Sementara juara 2 diraih oleh pelajar asal Kota Sawahlunto yang mendapat hadiah Rp 7,5 juta, beserta piagam penghargaan, dan trophy.

Juara 3 diraih pelajar asal Kota Padang dan mendapat hadiah Rp 5 juta, sekaligus piagam, dan trophy. Sedangkan juara harapan 1 diperoleh pelajar Kabupaten Solok Selatan yang mendapat hadiah berupa uang senilai Rp 1,5 juta, dan best costum Kota Padang Panjang.

Kepala Disparpora Agam, Syatria mengucapkan selamat kepada para pemenang yang sudah ikut serta berkompetisi dalam lomba memasak rendang pakis pensi tahun 2022 tingkat Sumatera Barat.

Ia menyebut, lomba ini diharapkan dapat menambah pengetahuan generasi muda dalam mengenal rendang hingga ikut melestarikan dan mempromosikannya.

“Selamat kepada para pemenang lomba Gadih Marandang Competition tahun 2022, dan terimakasih kami ucapkan kepada peserta lainnya yang sudah berpartisipasi mengikuti event ini,” katanya.

Syatria mengatakan, event yang digagas oleh Perempuan Indonesia Maju DPD Sumatera Barat ini nantinya akan digelar secara bergiliran setiap tahunnya di kabupaten/kota yang ada di Sumbar.

“Untuk tahun 2023, Kota Sawahlunto akan menjadi tuan rumah event Gadih Marandang Competition selanjutnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Gadih Marandang Competition 2022, Popi Mailani Rajo Bintang menyebut, lomba memasak rendang ini sengaja digelar dalam rangka mengenalkan kuliner khas Danau Maninjau yaitu randang pakis pensi.

Ia mengakui, makanan rendang memiliki banyak variasi olahan seperti rendang telur, rendang belut, rendang daging, dan lainnya. Namun untuk daerah Danau Maninjau memiliki ciri khas rendang tersendiri yakni rendang pakis pensi.

“Jadi salah satu tujuan kita menggelar event ini adalah untuk mengenalkan kuliner rendang pakis pensi khas Danau Maninjau kepada generasi muda Sumatera Barat,” jelasnya.

(Bryan)

To Top