Kaba Terkini

Gadih Marandang Competition, Promosikan Wisata Danau Maninjau

Linggai, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam bersama organisasi Perempuan Indonesia Maju DPD Sumatera Barat menggelar event Gadih Marandang Competition 2022 untuk tingkat pelajar SLTA se- Sumbar.

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Bupati Agam diwakili Asisten II Setdakab Agam, Ir Jetson di objek wisata Linggai Park, Kecamatan Tanjung Raya, Minggu (18/12).

Ketua Panitia GMC, Popi Mailani dalam sambutannya mengatakan, event ini diikuti oleh para pelajar dari perwakilan sekolah tingkat SLTA yang ada di Sumbar.

Ia menyebut, lomba memasak rendang ini sengaja digelar untuk mengenalkan kuliner khas Danau Maninjau yaitu randang pakis pensi.

“Masing-masing kabupaten/kota di Sumbar mengirimkan peserta untuk mengikuti event Gadih Marandang Competition, kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai,” katanya.

Popi mengatakan, makanan rendang memiliki banyak variasi olahan seperti rendang telur, rendang belut, rendang daging, dan lainnya. Namun untuk daerah Danau Maninjau memiliki ciri khas rendang tersendiri yakni rendang pakis pensi.

“Jadi salah satu tujuan kita menggelar event ini adalah untuk mengenalkan kuliner rendang pakis pensi khas Danau Maninjau kepada generasi muda Sumatera Barat,” ungkapnya.

Lebih lanjut disebutkan, event ini nantinya akan digelar di setiap kabupaten/kota yang ada di Sumbar sebagai upaya mempromosikan kuliner rendang khas daerah masing-masing.

“Kita akan gelar event ini secara berkala di setiap daerah di Sumbar sehingga dunia tau bahwa rendang itu tidak hanya terkenal dengan rendang daging saja, tetapi banyak jenis variasi lainnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Syatria menyebutkan, event lomba memasak rendang pakis pensi tingkat pelajar ini merupakan upaya pemanasan bagi daerah untuk menyambut tahun kunjungan pariwisata tahun 2023 bertajuk Visit Beautiful West Sumatra.

“Kita berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak multi player egfect bagi masyarakat terutama dalam mempromosikan Danau Maninjau sekaligus menyambut tahun kunjungan pariwisata tahun 2023,” katanya.

Sementara itu, Anggota DPD RI, Emma Yohana sekaligus Ketua DPD Perempuan Indonesia Maju Sumatera Barat menyampaikan, pihaknya sengaja melibatkan pelajar sebagai peserta lomba agar mereka tau cara dalam memasak rendang, terutama rendang pakis pensi.

“Kita juga berharap kegiatan ini berdampak pada generasi muda sehingga bisa lebih mencintai budaya Minangkabau,” kata Emma Yohana.

Dalam event ini, panitia menyediakan hadiah uang tunai piagam dan trophy untuk para pemenang. Diantaranya Rp 10 juta untuk juara 1, Rp 7,5 juta juara 2, dan Rp 5 juta juara 3.

Bupati Agam diwakili Asisten II Setdakab Agam, Jetson mengapresiasi, organisasi Perempuan Indonesia Maju DPD Sumatera Barat yang sudah menggagas event ini dengan menggandeng Pemkab Agam.

“Atas nama Pemkab Agam kami apresiasi sekali atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga bisa memberikan dampak bagi masyarakat,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menciptakan generasi muda yang pandai memasak rendang.

“Ini adalah upaya kita bersama untuk mengajak anak muda mengenal rendang dan melestarikannya,” ungkapnya.

(Bryan)

To Top