Kaba Terkini

Pemkab Agam Apresiasi PIM Sukses Gelar Event Gadih Marandang 2022

Linggai, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam mengapresiasi organisasi Perempuan Indonesia Maju DPD Sumatera Barat (Sumbar) bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam yang sukses menggelar event Gadih Marandang Competition 2022 tingkat Sumbar.

Event lomba memasak rendang pakis pensi ini digelar pada Minggu (18/12) di objek wisata Linggai Park, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam dan diikuti oleh peserta yang merupakan pelajar dari perwakilan kabupaten/kota se- Sumbar, kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Atas nama Pemkab Agam kita sangat mendukung dan mengapresiasi pihak penyelenggara yaitu Perempuan Indonesia Maju DPD Sumatera Barat dan Disparpora Agam yang menggelar event ini. Dimana kegiatan ini merupakan suatu terobosan baru untuk melestarikan makanan rendang dengan variasi rendang pakis pensi kepada generasi muda,” kata Asisten II Setdakab Agam, Ir Jetson kepada wartawan, Minggu.

Ia mengatakan, saat ini tenaga ahli atau orang-orang yang ahli dalam memasak rendang sudah mulai langka. Kendati begitu, event tersebut menurutnya merupakan suatu kesempatan untuk menciptakan generasi muda yang bisa memasak rendang.

“Rendang itu tidak hanya terbuat dari daging saja, tetapi banyak variasi lainnya yang bisa dijadikan, seperti dalam kegiatan ini yaitu memasak rendang pakis pensi khas Danau Maninjau,” ujarnya.

Menurutnya, lomba memasak rendang pakis pensi ini digelar karena lokasinya berada di kawasan Danau Maninjau. Dimana rendang tersebut merupakan makanan khas daerah setempat.

“Sementara bagi daerah lain juga kaya akan rendangnya yang bervariasi sesuai potensi daerah masing-masing. Misalnya rendang telur, rendang cubadak (nangka-red), rendang belut, dan rendang lainnya,” kata Jetson.

Melalui lomba memasak rendang ini, lanjut dia, tentunya akan melatih generasi muda untuk mengolah makanan rendang, sehingga mereka ikut serta dalam melestarikan dan mempromosikan makanan tersebut.

“Dengan demikian, bisa juga muncul kreasi nama rendang yang baru, sesuai dari kreasi dan inovasi makanan rendang,” jelasnya.

Ketua Perempuan Indonesia Maju DPD Sumatera Barat, Emma Yohana mengatakan, pihaknya sengaja melibatkan pelajar sebagai peserta lomba agar mereka tau cara memasak rendang, dan mengenali bumbu-bumbunya terutama rendang pakis pensi khas Danau Maninjau.

“Kita juga berharap kegiatan ini berdampak pada generasi muda, sehingga mereka bisa melestarikan rendang dan lebih mencintai budaya Minangkabau,” kata Emma Yohana yang juga anggota DPD RI itu.

Dalam event ini, pelajar dari perwakilan Kabupaten Agam meraih juara 1 dan mendapat hadiah uang senilai Rp 10 juta. Juara 2 diraih oleh pelajar asal Kota Sawahlunto mendapat hadiah uang senilai Rp 7,5 juta. Selanjutnya juara 3 diraih Kota Padang mendapat hadiah Rp 5 juta, juara harapan 1 diraih Kabupaten Solok Selatan yang mendapat hadiah Rp 1,5 juta, dan best costum Kota Padang Panjang.

(Bryan)

To Top