Kaba Terkini

Operasi Gabungan Lalu Lintas di Agam, Sidang Digelar di Tempat

Tanjung Mutiara, KABA12.com — Operasi gabungan yang digelar aparat Dishub Agam bersama Dishub Sumbar, Satlantas Polres Agam, Kejaksaan Negeri Agam, TNI, polisi militer dan Pengadilan Negeri (PN) Lubukbasung melakukan tindakan sidang di tempat terhadap para pengendara kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat yang melanggar, Rabu (14/03).

Dari keterangan yang disampaikan Kabid Lalin Dishub Agam Syahrul Hamidi mengatakan, kegiatan sidang di tempat ini agar para pelanggar lalulintas tak susah payah menjalani sidang di pengadilan negeri lalu mengambil berkas di Kejaksaan Negeri.

“Tujuan sidang di tempat adalah untuk memudahkan masyarakat yang melanggar membayar denda sidang dan disini juga langsung ada petugas BRI, jadi urusan langsung selesai,” ungkapnya saat Ops gabungan di Bukik Batu Apuang kecamatan Tanjung Mutiara.

Disebutkannya, Operasi lalu lintas yang melibatkan 50 personil gabungan ini menyasar pada pemeriksaan surat-surat kendaraan dan pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan serta menindak kendaraan yang tidak dilengkapi dengan pengamanan seperti racun api, pemecah kaca, alat dongkrak dan kotak P3K sesuai dengan Undang-undang Lalu Lintas Nomor 22 tahun 2009.

Ditambahkan, selang waktu 1 jam operasi gabungan berjalan, petugas berhasil menjaring kurang lebih 37 pelanggar lalu lintas, “kebanyakan pelanggar yang terjaring operasi tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan lainya,” sebut Syahrul.

Sebelumnya, Asisten II Sekretariat Daerah Agam Isman Imran dalam apel gelaran Operasi Gabungan Lalu lintas tersebut berharap agar masyarakat, terutama pengendara kendaraan di jalan raya, agar dapat melengkapi surat-surat kendaraan dan mematuhi aturan berlalu lintas.

“Kepada pemilik kendaraan agar dapat melengkapi surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan, baik itu kendaraan pribadi angkutan penumpang, truk, sepeda motor dan lainnya, karena ini perlu untuk keselamatan pengendara dan penumpang serta dapat mengurangi angka kecelakaan,” imbaunya.

Operasi gabungan bersama tim provinsi tersebut masih akan berlanjut besok, Kamis (15/03) dengan lokasi masih di seputaran Agam bagian Barat.

(Jaswit)

To Top