Kaba Terkini

Musrenbang Nagari Magek, Syafruddin: Berdayakan Potensi-Tingkatkan SDM

Magek, kaba12.com — Syafruddin, anggota fraksi PKS DPRD Agam buka acara Musrenbang Nagari Magek, kecamatan Kamang Magek, di aula kantor camat, Kamis,(19/9).

Dalam acara musrenbang yang dihadiri camat Kamang Magek Rio Eka Putra, unsur Forkopimca, tokoh ninik mamak, alim ulama, Bamus dan unsur nagari lainnya itu berlangsung hangat.

Pasalnya, dalam musrenbang nagari Magek itu, banyak aspirasi terkait dengan program pembangunan yang diapungkan masyarakat, serta beberapa agenda prioritas yang selama ini sangat diharapkan masyarakat setempat.

Dalam sambutan pembukaannya, Syafruddin menyebutkan beberapa hal, terutama terkait dengan mekanisme usulan dan dalam upaya menampung aspirasi masyarakat terkait usulan pembangunan untuk tingkat kabupaten dan propinsi.

Syafruddin juga menjelaskan proses perencanaan dengan sistem e_planning yang harus dimaklumi dan dipatuhi semua pihak, sehingga semua usulan mesti terdokumentasi pada usulan di tingkat nagari dengan sistim e_planning tersebut.

Syafruddin juga menjelaskan agar program prioritas tidak hanya terkonsentrasi pada kegiatan fisik semata, tetapi juga harus menyentuh upaya pemberdayaan masyarakat, program peningkatan SDM terutama generasi muda serta hal-hal khusus lain, karena hal itu penting dalam mendorong kemajuan secara utuh dalam masyarakat.

” Masyarakat harus pahami mekanisme dan sistim e_planning, sehingga tahapan perencanaan bisa terakomodasi dengan baik, termasuk prioritas program tidak semata program pisik saja,” ulas Syafruddin, anggota DPRD Agam itu lagi.

Musrenbang nagari Magek yang juga dihadiri para kepala sekolah, para wali jorong dan lebih dari 80 an orang tokoh masyarakat itu berlangsung sehari penuh dan hangat dengan beragam usulan kegiatan pembangunan dari masyarakat nagari Magek.

HARMEN

To Top