Kaba Terkini

Lahan Warga Terbakar, Api Berhasil Dipadamkan

Palupuah, kaba12.com — Pembukaan lahan dengan sistim dibakar masih terjadi di wilayah kabupaten Agam.

Hasil deteksi satelit LAPAN Koto Tabang, yang menangkap ada titik api di wilayah kecamatan Palupuah, Kamis kemarin, tim BPBD Agam berhasil menemukan lokasi kebakaran lahan di wilayah tersebut.

Seperti dijelaskan Ade, staf Pusdal.Ops. BPBD Agam yang menyebutkan, hasil survei lapangan, tim berhasil menemukan lokasi lahan yang terbakar di jorong Angge, nagari Pasie Laweh, kecamatan Palupuah, Kamis,(19/9).

Dijelaskan, hasil deteksi satelit terlihat ada titik api di Palupuah, dan dibenarkan di lapangan, terjadi pembukaan lahan perkebunan milik warga, karena kondisi cuaca yang panas, api justru merambat ke areal perkebunan lain.

” Namun, api sudah berhasil dipadamkan, tidak ada lagi lahan yang terbakar, kawasan yang terbakar sudah aman dan terkendali,” jelas Ade.

Secara terpisah, terkait pembukaan lahan dengan cara dibakar itu, Kabid.KL BPBD Agam Wahyu Bestari, menghimbau masyarakat, untuk menghimbau pembukaan dengan sistim membakar, karena kondisi cuaca yang panas, sangat rentan memicu kebakaran.

” Kami ingatkan masyarakat, untuk tidak melakukan pembakaran sembarangan, karena sangat berbahaya, karena api akan bisa cepat merambat karena cuaca panas,” ulas Wahyu Bestari.

HARMEN

To Top