Kaba Terkini

Libur Kabut Asap Siswa Banyak Talonsong ke Sekolah

Lubukbasung, kaba12.com — Libur sekolah akibat kabut asap yang kian tebal di kabupaten Agam yang ditetapkan Minggu siang kemarin, ternyata tidak tersosialisasi maksimal pada para siswa.

Banyak para siswa baik SD, SMP maupun SMA yang ” talonsong” sampai ke sekolah, namun harus balik kanan ke rumah karena sekolah diliburkan.

Untung para guru sudah lebih duluan berada di sekolah, sehingga para siswa yang sudah terlanjur sampai di lokasi sekolah diberitahu bahwa sekolah libur sampai hari Rabu,(25/9) lusa.

” Anak-anak justru pada gembira, dan langsung disuruh pulang ,” ungkap beberapa guru yang ditemui di SDN 01, SDN 41, SMP 1 dan SMAN 2 Lubukbasung.

Diakui beberapa guru yang ditemui Senin lagi, informasi terkait libur mendadak tersebut belum maksimal, karena tidak semua siswa dan orangtua murid yang bisa dihubungi sejak Minggu, ” kami terbantu justru melalui media sosial dan media massa yang memberitakan soal libur sekolah akibat kabut asap tersebut sejak Minggu sore kemarin,” ungkap mereka.

Kondisi itu sudah diprediksi Sekab Agam M.Dt.Maruhun menjawab kaba12.com, yang menyebut, kemungkinan banyak siswa yang belum mengetahui informasi mendadak tersebut sehingga diharapkan pihak sekolah untuk siaga di sekolah untuk memberi penjelasan pada siswa yang terlanjur ke sekolah.

” Kita sudah instruksikan hal itu, dan berharap para guru dan pihak sekolah memberi penjelasan pada para siswa dan orangtua siswa terkait kebijakan tersebut dan menyarankan anak-anak tetap belajar di rumah,” sebut M.Dt.Maruhun.

Instruksi libur akibat kabut asap di kabupaten Agam itu menyikapi kualitas udara yang makin tidak sehat sesuai deteksi stasiun GAW Koto Tabang Minggu kemarin yang langsung ditindaklanjuti dengan kebijakan meliburkan sekolah, baik oleh Pemkab.Agam, Pemko Bukittinggi dan beberapa daerah lain di Sumbar.

HARMEN

To Top