Bukittinggi, KABA12.com — Dalam rangka optimalisasi pelayanan publik, Kementrian Agama kota Bukittinggi, luncurkan layanan berbasis online, Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Unggul (SIMPUL).
Layanan berbasis online tersebut di launching langsung Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, bersama sejumlah Kakan Kemenag se Sumbar, pemerintah kota Bukittinggi, di Aula Kemenag Bukittinggi, Jum’at (28 /09).
Kepala Kementerian Agama kota Bukittinggi, Abrar Munanda, menyampaikan, SIMPUL merupakan pengembangan PTSP di kantor Kemenag Bukittinggi, untuk melayani masyarakat yang sebelumnya bersifat offline. Atas dukungan pemerintah kota Bukittinggi dan semua pihak, khususnya Kanwil Kemenag Sumbar, akhirnya dapat diluncurkan layanan berbasis online tersebut di Kota Bukittinggi.
“Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Unggul (SIMPUL), merupakan pengembangan PTSP Kankemenag Kota Bukittinggi sekaligus sebagai proyek perubahan kami dalam Diklat PIM III yang diikuti. Peluncuran Aplikasi SIMPUL ini sebagai optimalisasi pelayanan publik di Kankemenag Kota Bukittinggi. Selama ini masyarakat antrian untuk dilayani di loket PTSP, dengan adanya SIMPUL masyarakat semakin dipermudah, cukup mengakses Website bukittinggikota.go.id/simpul kemudian mengupload syarat-syarat yang diminta maka masyarakat akan terlayani dengan baik,” jelasnya.
Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengapresiasi inovasi Kemenag kota Bukittinggi terkait layanan publik berbasis Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Unggul (SIMPUL).
Aplikasi SIMPUL sangat memberi kemudahan kepada masyarakat Kota Bukittinggi dalam waktu singkat, tepat tanpa biaya apapun, dapat memangkas birokrasi.
“Pelayanan di Kemenag Kota Bukittinggi bisa di akses secara online dan aplikasi SIMPUl ini sangat mendukung program Smart City kota Bukittinggi. Harapan saya pelayanan ini agar terus dikembangkan dan ditingkatkan sehingga terkoneksi dengan seluruh aplikasi stakeholder Kota Bukittinggi,” ujar Ramlan.
Peluncuran SIMPUL sebagai pengembangan PTSP di Kemenag kota Bukittinggi ini merupakan program yang sangat strategis. Pemko Bukittinggi selalu mendukung inovasi-inovasi yang dilakukan Kepala Kankemenag Kota Bukittinggi bersama jajarannya, salah satunya peluncuran SIMPUL sebagai aplikasi layanan berbasis online yang sangat membantu masyarakat serta Pemko Bukittinggi. Direncanakan, nantinya akan disinkronkan dan diberikan ruangan khusus bagi Kemenag, dalam Mal pelayanan publik, yang tengah diupayakan pemko.
Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Barat, Hendri, mengdukung penuh upaya yang dilakukan oleh Kemenag kota Bukittinggi beserta jajaran. Salah satunya kemampuan dalam melahirkan generasi baru pelayanan di Kemenag Bukittinggi yang diberi nama SIMPUL.
“Sistem Informasi Manajamen Pelayanan Unggul (SIMPUL) Ini merupakan program optimalisasi layanan publik berbasis online yang sangat luar biasa menurut kami. Dengan SIMPUL ini, akan memberikan pelayanan yang berkualitas pada masyarakat secara online. Terjadi efesiensi dalam melaksanakan program SIMPUL ini, karena mudah di akses dan tentunya menjangkau seluruh masyarakat. Semua bidang layanan di Kemenag Bukittinggi bisa di akses lewat SIMPUL antara lain konsultasi online, administrasi haji dan umrah, data-data keagamaan. Mudah-mudahan hal ini bisa dijaga, dipelihara dan ditingkatkan sehingga dapat mengalahkan pelayanan terpadu lainnya,” ungkapnya.
Lebih lanjut Hendri juga sangat mengapresiasi PTSP di Kemenag Bukittingi, sebagai nomor satu pelaksanaan PTSP pada Kemenag kab/Kota Se-Sumatera Barat dan urutan ke tiga se-Indonesia.
“Atas inovasi tersebut kami memberikan reword jaringan VPN IP sebagai penunjang layanan publik di Kota Bukittinggi melalui program SIMPUL sebagai pengembangan PTSP. Kami berharap juga program SIMPUL tersebut dapat menular ke Kankemenag Kab/Kota se-Sumatera Barat bahkan Indonesia.
(Ophik)
