SMKN 2 LUBAS

Kejuruan Agrobisnis SMKN 2 Berkembang

Sungai Jariang, kaba12.com — Program kejuruan agrobisnis yang dikembangkan SMKN 2 Lubukbasung melaju pesat, bahkan saat ini, kegiatan yang digelar sudah mendatangkan hasil tersendiri pada siswa dan jurusan.

Kegiatan agrobisnis dengan mengembangkan beragam potensi pertanian yang dimiliki, saat ini dipusatkan di kompleks kampus SMKN 2 Lubukbasung, kerjasama dengan Pemkab Agam, dunia usaha bahkan perusahaan perkebunan besar yang ada di kabupaten Agam.

Seperti dijelaskan guru jurusan pertanian SMKN 2 Lubukbasung Yandwi Syafrizen, yang menyebut pengembangan kegiatan jurusan agrobisnis menjadi salah satu target penting keberadaan sekolah kejuruan itu sejak didirikan.

Pasalnya, sebelum ditetapkan sebagai SMKN 2 Lubukbasung, sekolah itu adalah SMK Pertanian yang hadir di kabupaten Agam dan dipusatkan di Sungai Jariang untuk menjawab kemajuan dunia pertanian dan perkebunan di wilayah Barat kabupaten Agam.

“ Alhamdulillah, saat ini sudah berkembang, dan kini menjadi sekolah kejuruan negeri dengan beragam jurusan yang diminati para siswa, “ sebut Yandwi Syafrizen.

Khusus kegiatan agribisnis, pihaknya sudah mengembangkan beragam produk pertanian dan melakukan beragam terobosan untuk memacu peningkatan mutu produksi pertanian-perkebunan dalam masyarakat akan memberi hasil yang lebih maksimal dan berkualitas tinggi.

Bahkan pihaknya berupaya mengadopsi berbagai produksi pertanian-perkebunan, termasuk dengan program uji coba yang dikembangkan, yang sasarannya untuk meningkatkan produksi dan kualitas hasil pertanian, yang manfaatnya untuk masyarakat luas.

“ Hal ini, sudah kita praktekkan dan hasilnya cukup memuaskan, terutama untuk beberapa jenis produk pertanian yang sudah bisa dinikmati para siswa untuk program uji coba,”ulas Yandwi Syafrizen.

Beberapa komoditi pertanian yang kini dikembangkan di SMKN 2 Lubukbasung diantaranya jenis tanaman sayuran, buah-buahan dan tanaman tua yang hasilnya kini sudah bisa dinikmati masyarakat.

HARMEN

To Top