Kaba Terkini

K3R , Organisasi Sosial Perantau Rambatan

Jakarta, KABA12.com — Organisasi perantau asal Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar dengan nama Kerukunan Keluarga Kecamatan Rambatan (K3R) kini mulai eksis disosialisasikan di daerah Jabodetabek.

Ketua Umum K3R, Nofelriri Zalni mengatakan, organisasi ini lahir dari kemauan bersama lima anak nagari di Kecamatan Rambatan untuk memikirkan kemajuan kampung halaman, yakni Nagari Simawang, Nagari Balimbing, Nagari III Koto, Nagari Padang Magek, dan Nagari Rambatan.

“Organisasi K3R bentuknya sosial sebagai wadah silahturahmi yang bergerak pada bidang dakwah, bisnis, teknologi, pendidikan dan pemuda dan olahraga yang menjembatani rantau dan kampung halaman,” ujar Riri dalam sosialisasi K3R di Rumah Makan Simpang Raya Kramat, Jakarta, Selasa (23/05) malam.

Hadir dalam sosialisasi K3R itu antara lain Ketua Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD),Yuherman, Ketua Simawang Saiyo M. Nur Idris, Sekretaris K3R, Agusrial Doni, Bendahara K3R, Syahrial, serta sejumlah pengurus K3R yakni Israfil Siddiq, Nita Ratu, Miro Otktarium, Agusril dan Mori Trisno. Silaturrahmi itu juga dihadiri tiga anggota DPRD Tanah Datar, Syafril Jamal, A. Sutan Tunaro dan Adrijinil.

Lebih lanjut, Riri mengatakan, untuk tahap awal ini K3R hanya dibentuk di Jabodetabek. Pengusaha muda ini mengatakan, khusus Jabodetabek jumlah anggota lebih kurang 5000 kepala keluarga atau sekitar 45.000 jiwa.

Untuk pelantikan pengurus K3R akan dilakukan usai lebaran Idul Fitri. Namun untuk sosialisasi kepada kampung halaman akan dilakukan dalam kegiatan silaturrahmi IKTD lebaran ini.

Ketua Umum IKTD Jakarta Yuherman berharap, K3R bisa berperan dalam menjalin silaturrahmi perantau dan memperhatikan pembangunan kampung halaman.

Di sisi lain, inisiator lahirnya K3R, Israfil Siddiq, menginginkan agar pengurus K3R harus secepatnya membenahi organisasi sekaligus mensosialisasikan diri kepada warga Rambatan.

Sementara itu, Ketua Umum Perantau Simawang Saiyo Pusat, M. Nur Idris, sangat mendukung lahirnya organisasi K3R. Ketua Komisi I DPRD Kota Bukittinggi ini bahkan menyatakan bahwa organisasi Simawang Saiyo siap mendukung program dan kegiatan K3R nanti apabila dibutuhkan.

“Kami perantau dan warga Simawang Saiyo mendukung lahirnya K3R. Bahkan kami siap bantu K3R untuk menjalankan kegiatan yang memajukan masyarakat dan pembangunan kecamatan Rambatan,” ujar M. Nur Idris.

(Ophik)

To Top