Kaba Bukittinggi

GRID MTsN 1 Bukittinggi Berbagi Dengan Kampung KB Gurun Tigo Berseri

Bukittinggi, KABA12.com — Momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91, dimanfaatkan oleh Gerakan Remaja lslam Dermawan MTsN 1 Bukittinggi (GRID) dengan aksi peduli sesama. Mereka yang terdiri dari kelompok organisasi pelajar PlK Remaja Safa Marwa, Osis, KKR dan Pramuka MTsN 1 kota Bukittinggi, menyerahkan donasi untuk anak usia pelajar di Kampung KB Gurun Tigo Berseri, RT3 RW 5 Gurun Tigo, Kelurahan Puhun Tembok, Senin (28/10).

Kepala MTsN 1 Bukittinggi, Dra. H. Eva Anggraini, M. Si, sebagai fasilitator kegiatan GRID MTsN 1 Bukittinggi, menyampaikan, GRID menjadi salah satu program unggulan di MTSN 1, yang cukup banyak bergerak di bidang sosial kemasyarakatan. Dimana para pelajar terus dimotivasi untuk memiliki empati dan simpati terhadap lingkungannya.

“Kami menginginkan para pelajar itu, tidak hanya sibuk dengan rutinitas hariannya, namun juga bagaimana menanamkan rasa peduli sesama, yang tentunya akan menambah kekuatan iman, taqwa dan kebersamaan mereka para pemuda harapan bangsa. Salah satunya dengan berbagi sesama dengan anak-anak di Kampung KB Gurun Tigo Berseri ini,” jelasnya.

Lurah Puhun Tembok, Hastine Atas Asih, meengapresiasi kegiatan dan bantuan yang diupayakan oleh para pelajar MTSN 1 Bukittinggi ini. Dimana dengan aksi sosial itu, para pemuda diajarkan bagaimana peduli dengan sesama dan lingkungan sekitar, terlebih lagi di zaman perkembangan teknologi digital sekarang ini.

“Ini tentunya harus dipertahankan, dimana semangat para generasi millenial berbagi disaat teman-teman yang lain sibuk dengan kemewahannya, disaat yang lain menghambur-hamburkan uang untuk game online, mereka lebih memilih berbagi untuk anak-anak Gurun Tigo. Usia tidak menentukan kedewasaan seseorang,” tegasnya.

Hastine melanjutkan, hal ini terbukti dari sikap yang diambil oleh siswa-siswi MTsN 1 kota Bukittinggi, yang berkomitmen mengulurkan donasi setiap bulan untuk kepentingan anak-anak Kampung KB Gurun Tigo Berseri. “Mereka ingin berbagi kesempatan untuk menjadi seorang tokoh bagi negeri ini. Mereka berbagi kesempatan untuk menjadi pemutus kemiskinan di negeri ini dengan jalan meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan sesuai sila ke 5 Pancasila yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat lndonesia,” ujar Lurah termuda di kota Bukittinggi itu.

Sementara itu, Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera Dinas P3APPKB Bukittinggi, didampingi Yudo Trinando PKB kelurahan Puhun Tembok dan Ketua RT 3 Gurun Tigo, Edwar, mengucapkan terima kasih kepada pelajar MTsN 1 Bukittinggi. Melalui program GRID, tentu menjadi bukti bahwa masih ada generasi muda Bukittinggi yang peduli sesama. Bahkan, kegiatan pelajar MTsN 1 Bukittinggi ini, sangat mendukung program pemerintah dalam upaya menekan angka kemiskinan.

“Kita yang sudah memiliki penghasilan cukup pun kadang terlupa berbagi kepada saudara yang tidak beruntung, sementara para siswa-siswi di MTsN 1 ini telah berkontribusi untuk memutus rantai kemiskinan melalui kegiatan infaq yang mereka kumpulkan setiap hari sehabis rutinitas Shalat Dhuha. Semoga apa yang di ajarkan oleh anak-anak kita dari PIK Remaja Safa Marwa, OSIS, KKR dan Pramuka bisa menjadi pembelajaran bahwa untuk berbagi tidak harus menunggu kaya, akan tetapi niat dan tanggung jawab mewujudkan itulah yang paling utama,” ujarnya.

(Ophik)

To Top