Kaba Terkini

Empat Langkah Penanganan Smartphone Terkena Air

Tekno, kaba12.com — Barang elektronik seperti smartphone sangat berbahaya jika terkena air, pasalnya air bisa dengan mudah merusak perangkat di dalam hp. Agar smartphone tidak mati ketika terkena air, setiap pengguna harus melakukan penanganan yang tepat.

Seperti dilansir Viva.co.id, jika suatu saat nanti smartphone kecemplung atau terkena air, sebaiknya ikut langkah-langkah di bawah ini agar smartphone tersebut tidak mati total.

  1. Bongkar HP Kamu

Segera bongkar hp kamu ketika terkena air, dimulai dari mematikannya (bila hidup), dan bila mati segera bongkar dan copot bagian baterai, SD card, SIM card. Lalu tempatkan smartphone kamu di atas kain yang kering. Ini bertujuan mengeluarkan air di dalam hp.

  1. Gunakan Vacum Cleaner

Meniup hp kamu hanya akan membuat air semakin masuk ke dalam dan nantinya bisa fatal. Tapi gunakanlah vacum cleaner untuk menyedot air dalam hp.

  1. Keringkan dengan Cara Dimasukan ke dalam Kantong Beras

Selanjutnya kamu harus mengeringkan hp kamu secara total dengan memasukannya ke dalam kantung yang berisi beras. Sebab beras mampu menyerap kelembaban dengan cepat. Lalu diamkan saja hp kamu selama satu sampai tiga hari.

  1. Sekarang Coba Nyalakan

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, coba nyalakan hp kamu. Jika nyala, berarti hp kamu selamat, tapi bila sebaliknya, hp kamu berarti rusak dan bersabarlah!

Yang penting kamu melakukan langkah-langkah yang tepat ketika smartphone kamu terkena air. Jangan sampai kamu salah langkah yang berakibat merusak hp secara total.

(Dany)

To Top