Kaba Terkini

Bupati Purwakarta Siapkan Pengacara Untuk Didin

Cianjur, KABA12.com — Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengunjungi kediaman Didin (48), yang ditahan karena mengambil cacing sonari di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) beberapa waktu lalu. Dalam lawatannya, Dedi akan menyiapkan pengacara untuk membantu kasus yang menimpa Didin.

Lawatan yang berlangsung pada hari Sabtu, (20/05) di Kampung Rarahan RT 06 RW 08 Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jabar disambut langsung oleh istri Didin, Ela Nurhayati (43).

Sesampai di lokasi, Ela menceritakan nasib suaminya yang berstatus sebagai tahanan titipan di Polres Cianjur kepada Dedi. Ia menyebutkan, Didin merupakan ulang punggung keluarga dank arena kasus tersebut, ia harus bekerja serabutan.

“Perekonomian keluarga semakin sulit, karena suami saya satu-satunya tulang punggung keluarga. Sekarang saya terpaksa bekerja serabutan dengan penghasilan tidak menentu karena tidak ada pilihan lagi,” ujar Ela seperti dikutip detik.com.

Sementara itu, Dedi mengaku kedatangannya ke kediaman Didin karena merasa prihatin terhadap kasus tersebut. Dedi juga menegaskan kedatangannya bukan untuk mengintervensi proses hukum yang sedang berjalan terhadap Didin.

Dedi juga berencana akan membantu dengan menambah kuasa hukum untuk Didin. Selain itu, Dedi berjanji akan membantu perekonomian keluarga Didin.

“Untuk proses hukumnya saya berencana akan menambah pengacara untuk Pak Didin, agar benar-benar berjalan sesuai koridor hukum untuk membuktikan apakah benar Pak Didin ini pelaku pengrusakan puluhan hektare hutan. Sementara untuk keluarganya khususnya Bu Ela yang saat ini kondisi ekonominya sulit, kita bantu juga untuk kebutuhan sehari-harinya,” jelas Dedi.

Saat ini, kasusnya tersebut masih dalam penanganan penyidik PNS Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tindakan Didin dinilai melanggar Pasal 78 Ayat 5 dan/atau Ayat 12 juncto Pasal 50 Ayat 3 huruf e dan/atau huruf m Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

(Dany)

To Top