Kaba Terkini

BPBD Agam Sosialisasi PRB di SMPN 1 Tilatang Kamang

Pakan Kamih, kaba12.com — Kesiapsiagaan itu penting, perlu diketahui oleh semua lapisan masyarakat, terutama masyarakat sekolah yang cepat menyerap pengetahuan dan mampu menyebarluaskan informasi kebencanaan kepada masyarakat disekitar tempat tinggal mereka.

Kesiapsiagaan diri, lebih besar dari bantuan orang lain sekitar 34,9 persen, siap keluarga 31%, dan bila terjadi bencana, bantuan tetangga hanya 28,1 persen, bantuan dari orang lewat hanya 2,6 persen, selebihnya bantuan SAR dan lainnya.

” Kesiapan diri jauh lebih besar dan perlu mendapat pengetahuan, keterampilan sebelum, saat dan sesudah bencana terjadi, ” jelas Kabid PK BPBD Agam Yunaidi.S. saat sosialisasi kebencanaan sekaligus latihan dasar simulasi Sabtu, (26/10) dihadapan 560 orang siswa dan 50 orang guru pegawai SMP Negeri 1 Tilatang Kamang.

Ditambahkan Yunaidi, sosialisasi dan latihan evakuasi mandiri terhadap siswa sangat diperlukan sebagai pengetahuan dasar bila ada bencana terutama gempa bumi saat di sekolah mereka bisa mempersiapkan diri dan memgevakuasi diri dengan sendirinya.

Kepala SMPN 1 Tilatang Kamang Fakhrizal, Dt. Malekewi, terkait acara tersebut berterimakasih pada tim BPBD Agam yang telah memberikan pembekalan pengetahuan bagi guru dan siswa tentang kebencanaan.

Disebutkan, para guru dan siswanya, saat ini secara sederhana telah mengetahui risiko apa yang ada disekitar sekolah dan upaya penanggulangan yang harus dilakukan.

” Bangunan SMP Negeri 1 Tilatang Kamang berlantai tiga, sehingga perlu latihan dan kesiapsiagaan siswa dalam evakuasi secara mandiri,” kata Fakhrizal.

(Jaswit)

To Top