Agam

Bersama Gubernur-Bupati Agam Rang Caniago Diarak jo Tambua Tansa

Lubukbasung,kaba12.com — Keluarga Besar Rang Caniago (KBRC) Agam betul-betul memberi warna di Lubukbasung. Dibuktikan, Minggu,(4/8),ribuan anak kamanakan, sumando, bundo kanduang, bersama niniak mamak pasukuan Caniago penuhi ruas jalan di depan terminal Antokan Lubukbasung menuju kantor KAN.

Ribuan anak kemanakan rang Caniago membaur bersama dan diarak dengan tambua tansa bersama Gubernur Sumbar, wakil bupati Agam, ketua DPRD Agam dan rombongan khusus lain menuju lokasi acara sehingga memacetkan arus lalulintas di kawasan itu.

Yang menarik, ratusan rang Caniago yang diarak, ratusan bundo kanduang, juga menjunjung jamba sebagai wujud melestarikan tradisi Minangkabau dalam upacara adat, sehingga suasana kota Lubukbasung semakin semarak.

Prosesi arak-arakan yang dipandu koordinator lapangan Charchil Frandhika bersama M.St. Parmato, dilepas dari arah Timur terminal Antokan menuju kantor KAN Lubukbasung, ribuan peserta arak-arakan mengular sampai pintu Barat terminal Antokan.

“Alhamdullilah, prosesi penyambutan sukses, kita sangat berterimakasih, atas dukungan berbagai pihak, terutama dari Dinas Perhubungan Agam dan Satpol PP Agam yang membantu kelancaran kegiatan di lapangan, “sebut Charchil.

Hal senada dikatakan M.St.Parmato, yang menyebut, semangat kebersamaan yang luar biasa, menjadi kenyataan tersendiri bagi rang Caniago untuk menjaga kelestarian budaya, “ Alhamdulillah, prosesi budaya maarak tamu kebesaran sukses, dan berjalan aman, tertib dan lancar, “ ulas M.St.Parmato.

HARMEN

To Top