Kaba Terkini

Bawaslu Siapkan Indeks Kerawanan Pilkada 2018

Jakarta, KABA12.com — Dalam rangka menghadapi pilkada serentak 2018, Badan Pengawas Pemilu tengah menyiapkan data seputar daerah-daerah yang rawan. Data tersebut merupakan indeks kerawanan Pilkada 2018 untuk memetakan daerah yang dinilai cukup rawan.

Ketua Bawaslu RI, Abhan Misbah, mengungkapkan indeks kerawanan yang ada belum 100 persen selesai. Menurutnya masih ada beberapa aspek yang perlu dilengkapi dari indeks tersebut.

“Kami masih kumpulkan data, nanti ada saatnya kami rilis daerah mana saja yang berpotensi rawan,”ungkapnya, seperti dikutip CNN Indonesia, Jumat (02/06).

Sementara itu, Insiden yang terjadi pada pilkada 2017 lalu akan menjadi masukan untuk menyusun indeks kerawanan ini. Salah satunya adalah media sosial yang turut mempengaruhi.

Abhan mengatakan, media sosial bakal dijadikan pedoman untuk mengukur kerawanan di 2018 bahkan di Pilpres dan Pileg 2019 mendatang.

Aspek hukum dalam kerawanan di media sosial, akan menjadi salah satu atensi utama agar hal-hal yang terjadi di 2017 tak terulang di 2018 mendatang.

Selain tiu, isu persekusi yang sekarang marak muncul di masyarakat pun masuk dalam atensi media sosial yang diteliti oleh Bawaslu. Itu semua dianggap Abhan sebagai sebuah tantangan yang harus diselesaikan.

Untuk itu, indeks yang akan segera difinalisasi, bisa membuat penyelenggara pemilu mengambil langkah pencegahan. Penegakan hukum baru diambil seandainya UU Pemilu tak bisa menjangkau kerawanan tersebut.

Pada pilkada serentak tahun ini, Bawaslu menyebut ada beberapa derah yang memiliki tingkat kerawanan tinggi seperti Papua Barat, Banten, DKI Jakarta dan Aceh.

(Dany)

To Top