Kaba Terkini

Awal Tahun 2022, Wagub Sumbar Kunjungi Desa Wisata Sungai Batang

Sungai Batang, kaba12.com — Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy melakukan kunjungan kerja awal tahun 2022 ke Desa Wisata Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Selasa (4/1).

Kunjungan Wagub kali ini didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial yang disambut Kepala Disparpora Agam Syatria, Walinagari Sungai Batang Ahsin, Pokdarwis, dan tokoh masyarakat di Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka.

Wagub Audy Joinaldy mengatakan, kunjungannya beserta rombongan hari ini merupakan rangkaian kegiatan peninjauan 4 desa wisata di Sumbar yang meraih penghargaan desa wisata tingkat nasional dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Ke empat desa wisata yang meraih penghargaan ajang ADWI 2021 diantaranya Desa Wisata Apar di Pariaman, Desa Wisata Sungai Batang di Agam, Desa Wisata Sumpur di Tanah Datar, dan Desa Wisata Sarugo di Limapuluh Kota.

“Alhamdulillah, Sumbar mendapat 4 penghargaan desa wisata pada ajang ADWI 2021 oleh Kemenparekraf RI yang salah satunya berada di Agam yakni desa wisata Sungai Batang yang terkenal dengan sejarah Buya Hamka,” ujarnya.

Menurut Audy, agenda kunjungannya ini dalam rangka evaluasi dan berdiskusi dengan sejumlah pihak diantaranya Disparpora, Camat, Walinagari, dan Pokdarwis, terkait pengembangan destinasi wisata kedepannya.

“Kita disini berdiskusi bagaimana pengembangan Sungai Batang kedepan setelah ditetapkan sebagai juara V desa wisata terbaik dari segi budaya. Sehingga dari situ, kita bisa memanfaatkan peluang ini untuk menggerakkan ekonomi khususnya di daerah lokal,” katanya.

Secara khusus, Wagub juga memberi arahan kepada Pokdarwis Sungai Batang tentang program kerja dan gerakan yang harus dilakukan kedepan, agar wisatawan bisa tertarik berkunjung ke kampung kelahiran Buya Hamka itu.

“Ketika orang (wisatawan) datang kesini apa sih yang mereka cari di Sungai Batang ini selain terkenal sebagai kampung Buya Hamka dan Danau Maninjau. Nah ini yang musti dilakukan agar mereka betah disini dan bisa menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dirinya juga meminta Pokdarwis setempat untuk menggerakkan UMKM menjual souvenir khas Sungai Batang seperti buku karya Buya Hamka, kaos dan ide lainnya.

“Jadi ide-ide seperti itu yang kita diskusikan tadi, dengan tujuan untuk kebermanfaatan ekonomi masyarakat lokal,” kata Audy.

Selain mengunjungi Museum Buya Hamka, orang nomor 2 di Sumatera Barat ini juga berkesempatan berkunjung ke rumah kediaman budayawan Minangkabau Angku Yus Dt Parapatiah dan Makam Syekh Muhammad Amrullah (kakek Buya Hamka) di Jorong Nagari, Nagari Sungai Batang.

(Bryan)

To Top