Kaba Terkini

Antisipasi Tawuran Pelajar, SMKN 2 Lubukbasung Wadahi Ekskul Boxing

Lubukbasung, KABA12.com — Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Lubukbasung, Kabupaten Agam, mengadakan latihan tinju (boxing sparring) secara terbuka bagi seluruh siswanya, di halaman sekolah setempat, Jumat (19/10) pagi. Sparring itu juga turut dihadiri langsung Ketua KONI Kabupaten Agam, kepala sekolah beserta majelis guru.

Kepala SMK Negri 2 Lubukbasung, Zulhatman mengatakan latihan itu sengaja digelar lantaran banyak diantarnya siswanya yang berkelahi di sekolah. Mengantisipasi aksi tersebut, pihaknya menyediakan langsung wadahnya agar para siswa dapat menyalurkan lewat olahraga tinju.

“Beberapa hari ini anak-anak sering tauran, berkelahi, jadi diberi wadah bahwasanya ada tempatnya, yaitu melalui olahraga tinju. Dengan begini mereka lebih bisa disiplin dan dapat menumbuhkan rasa sportifitas diantara mereka,” sampainya.

Disebutkan, untuk menunjang kegiatan olahraga di SMKN 2 Lubukbasung, pada tahun 2019 mendatang akan di bangun gedung olahraga (sports hall).

“Ini nantinya juga untuk menyibukkan aktifitas anak di sekolah, sehingga tidak ada celah lagi bagi mereka untuk melakukan hal-hal negatif di luar sekolah, seperti narkoba dan kenakalan remaja lainnya,” sebut Zulhatman.

Hal senada disampaikan pelatih ekskul Boxing SMKN 2 Lubukbasung, Rahmad Faisal. Menurutnya, dengan adanya latihan tersebut dapat mengontrol dan mengarahkan siswa untuk lebih disiplin dan menumbuhkan jiwa atlet yang sportif dari diri para siswa, karena dalam latihan boxing tidak hanya diajarkan teknik dan skill-nya saja, tapi juga membentuk mental siswa.

“Ekskul boxing ini sebenarnya telah lama ada di SMKN 2 Lubukbasung, namun minat siswa tidak terlalu tinggi untuk mengikutinya, hanya ada beberapa orang anak saja yang rutin ikut latihan. Akan tetapi dalam sparring yang dilaksanakan hari ini, siswa nampak antusias mengikutinya, yang dikuti 16 orang siswa yang bertanding,” ungkapnya.

Lebih lanjut Faisal menyampaikan, selain latihan rutin ekskul yang digelar setiap hari Selasa dan Jumat pukul 16.00 WIB, nantinya juga akan diadakan sparring rutin satu kali sebulan di SMK Negeri 2 Lubukbasung.

“Atau yang mau join dengan Pertina Agam, dapat mengikuti latihan rutin setiap hari Senin dan Sabtu di GOR Rang Agam Lubukbasung, pukul 16.00 WIB,” ulas mantan atlet tinju amatir nasional itu.

Boxing sparring yang diikuti para siswa itu juga mendapat tanggapan yang positif dari Ketua KONI Agam, Zarfinus yang juga Wakil Komite SMK Negeri 2 Lubukbasung. Dia berharap, dengan adanya latihan rutin olahraga tinju ini dapat membentuk karakter dan disiplin anak.

“Sangat bagus kegiatan seperti ini dilaksanakan, ini juga bermanfaat untuk mencegah pelajar terlibat dengan narkoba, dan juga akan membentuk karakter disiplin dan sportifitas, jadi tidak sembarangan berkelahi di luar,” jelasnya.

(Jaswit)

To Top