Kaba Terkini

44 KPM PKH Kabupaten Agam Graduasi Mandiri

Lubukbasung, kaba12.com — Sebanyak 44 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di kabupaten Agam menyatakan Graduasi karena sudah mampu secara ekonomi selama tahun 2019.

Graduasi mandiri merupakan sebutan untuk KPM PKH yang menyatakan diri mundur dari kepesertaan PKH secara suka rela, karena secara ekonomi sudah lebih baik dan sudah bisa beraktivitas secara mandiri dalam berusaha.

Khusus di kabupaten Agam sejak Januari-Juni 2019, tercatat sebanyak 44 KPM PKH yang graduasi, tersebar di berbagai kecamatan, sebagai wujud sukses program penanggulangan kemiskinan.

Seperti dijelaskan Rahman,S,Ip,MM, plt. Kadinas Sosial Agam didampingi Kabid.Linjamsos Dinsos Agam Arfi Yunanda kepada kaba12.com di Lubukbasung.

Dijelaskan Rahman,tahun ini Dinsos Agam targetkan lebih banyak lagi graduasi bagi KPM yang dinilai telah mandiri secara ekonomi termasuk bagi KPM yang mau secara suka rela mundur dari daftar PKH lebih banyak lagi.

Dijelaskan, alasan KPM tersebut mundur dari kepesertaan PKH Karena merasa sudah mampu dan tidak layak lagi menerima program bantuan PKH, yang dimotivasi oleh para pendamping PKH di seluruh kecamatan dengan memaksimalkan berbagai program yang sudah disiapkan untuk peningkatan kesejahteraan PKM PKH itu.

Ditambahkan, seperti yang dilakukan pendamping SDM PKH Kecamatan Sungai Pua, Zainal Arifin SE.I, yang bisa memotifasi KPM nya sehingga mundur dengan kesadaran sendiri dengan mengingatkan arti dan keberadaan KPM itu sendiri.

“Tangan diatas akan lebih baik dari tangan di bawah,” ungkapnya.

Bahkan, Rahman menyebutkan, menjadi kebanggaan tersendiri bagi pendamping SDM PKM PKH di lapangan yang bisa memberikan motivasi pada KPM untuk hidup sederhana, dengan penghasilan bekerja di pertanian sendiri dan lebih sering berpenghasilan dari pada bekerja di kebun pertanian orang lain (buruh tani), tapi mereka sudah merasa cukup dengan hasil jerih payah keringat mereka sendiri.

Dijelaskan Kadinsos Agam itu, sesuai dengan data yang ada di Kecamatan Tilatang Kamang dengan pendamping SDM PKH Wilda Obert memberikan motivasi pada KPM sehingga dengan kesadaran sendiri mau mundur sebagai penerima PKH sebanyak 14 orang, demikian juga di kecamatan Candung, Sungai Pua, Palupuh, Banuhampu, Ampek Angkek dan kecamatan lainnya.

Diharapkan dengan motivasi dan kepercayaan diri yang diberikan oleh Pendamping SDM PKH kepada KPM, graduasi mandiri ini akan terus bertambah ,” hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi KPM untuk lebih gigih berusaha untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik dan sejahtera, ” ulas Rahman.

Bahkan, secara khusus diharapkan, bantuan dari pemerintah, mestinya tidak membuat mereka harus bergantung selamanya,” bantuan itu,harus sebagi stimulan, pemacu semangat berusaha lebih giat, untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan. Semua pihak, juga dituntut berperan dalam upaya mendorong KPM PKH di kabupaten Agam bisa ber-graduasi,” harap Kadinas Sosial Agam itu lagi.
HARMEN

To Top