Kaba Bukittinggi

24 Wartawan Ikuti UKW di Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — Sebanyak 24 wartawan di Sumatra Barat, ikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke 17 tahun 2021. UKW ini dibuka Sekdako Bukittinggi, Jumat (26/11).

Ketua PWI Bukittinggi, Anasrul, menjelaskan, UKW ini terselenggara berkat dukungan Pemko Bukittinggi dan juga PWI Sumatra Barat. Sehingga, kegiatan untuk menguji kompetensi wartawan ini, dapat dilaksanakan pada tahun 2021, dengan diikuti 24 peserta.

“24 peserta ini, terdiri dari 21 wartawan yang terdaftar dalam PWI Kota Bukittinggi, 1 orang wartawan dari Tanah Datar, 1 dari Sijunjung dan 1 dari Payakumbuh. Kami tentu sangat berterima kasih kepada Pemko Bukittinggi, PWI Sumbar, Tim Penguji dan seluruh pihak yang telah membantu suksesnya pelaksanaan UKW ini. Semoga semua peserta juga dapat lulus nantinya,” ujar Anasrul.

Ketua PWI Sumbar, Heranof, mengapresiasi upaya yang dilakukan PWI Bukittinggi untuk melaksanakan UKW tahun 2021 ini. 24 wartawan peserta UKW angkatan ke 17, akan mengikuti uji kompetensi tingkat muda selama dua hari ini.

“UKW angkatan ke 17 ini merupakan UKW ketiga yang dilaksanakan PWI Sumbar, yang dibantu oleh pemerintah daerah. Kami sangat apresiasi ini dengan berbagai upaya, UKW ini dapat dilaksanakan. Terima kasih kepada Pemko, yang telah memfasilitasi Uji Kompetensi ini,” ungkapnya.

Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat, Sasongko Tedjo, menyampaikan, kegiatan UKW di Kota Bukittinggi ini dinilai luar biasa, karena didukung oleh Pemerintah Bukittinggi.

Untuk Sumatera Barat UKW sudah dilaksanakan 17 kali hingga tahun 2021 ini dan merupakan capaian yang baik juga.

“Pertumbuhan wartawan sangat cepat. Dewan pers mencatat ada 44 ribu media, artinya ratusan ribu lebih wartawannya. Melalui UKW langkah tepat mencetak wartawan. Wartawan adalah profesi. Wartawan harus teruji dan harus kompeten. Untuk pusat, sudah laksanakan UKW ke 538, dengan tingkat kelulusan 90 persen.

“Terimakasih atas bantuan pemerintah daerah se Indonesia, salah satunya Pemko Bukittinggi yang telah mendukung pelaksanaan UKW pada tahun 2021 ini. Bukittinggi merupakan kota yang sejuk dan nyaman dan semoga wartawan yang ikut UKW ini, dinobatkan sebagai wartawan yang kompeten nantinya,” jelasnya.

Sekda Bukittinggi, Martias Wanto, menyampaikan, UKW ini, sangat menguntungkan pemda. Banyak hal yang bisa diketahui masyarakat. Pemda sangat berkepentingan dengan media. Dengan bantuan media dari para tulisan wartawan, apapun kegiatan pemerintah dapat diketahui oleh masyarakat.

“Penilaian tentu ada di masyarakat. Tapi hasil karya dari para wartawan sangat menentukan. Inilah pentingnya, bagaimana kompetensi wartawan dapat diuji. Intinya kami pemerintah sangat butuh wartawan untuk menyampaikan informasi dan juga mendapatkan informasi dari bawah. Pemerintah tanpa wartawan, sepi, wartawan tanpa pemerintah, kekurangan objek. Mari kita bina kemitraan yang baik,” ungkap Sekda.

UKW di Kota Bukittinggi ini, dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama, Jumat (26/11) pembukaan, pelaksanaan beberapa materi uji, serta hari kedua, Sabtu (27/11) lanjutan materi uji.

(Ophik)

To Top