Kaba Terkini

Wujudkan Agam Kabupaten Layak Anak, Komitmen Gugus Tugas Diperkuat

Lubukbasung, KABA12.com — Dalam rangka mengefektifkan segala upaya untuk mewujudkan Kabupaten Agam sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), Pemkab Agam melalui Dinas Pengendalian Penduduk KB Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KB PPPA) lakukan rapat kerja guna memperkuat komitmen gugus tugas yang telah lama dibentuk. Raker yang diikuti 24 OPD terkait dilaksankan di aula utama kantor bupati, di Padangbaru Lubukbasung, Senin (19/03).

“Tahun ini kita sudah harus ambil Kabupaten Layak Anak. Untuk mewujudkan itu ada hal-hal yang harus kita isi terutama dalam memenuhi hak-hak anak di Agam, olehsebab itu kita minta komitmen dari OPD terkait sebagai gugus tugas KLA,” ujar kepala Dalduk KB PPPA Agam, Hj. Retmiwati.

Retmiwati menjelaskan, konsep dan tahapan pengembangan KLA telah diatur dalam amanat Permen PPPA No.11 tahun 2011, dimana kebijakan itu menegaskan pengembangan kabupaten/kota layak anak harus menjadi perhatian bersama, baik pemerintah, stakeholder dan masyarakat.

“Selama ini kita belum mencapai angka yang diharapkan untuk menjadi kabupaten yang layak anak, padahal kita sudah bagus dari segi hak sipil anak, namun masih banyak hak-hak yang sesuai konvensi hak anak yang telah yang belum bisa kita penuhi. Untuk itu sngat perlu pemantapan tim gugus tugas memenuhi 24 indikator penilaian KLA ini,” jelasnya.

Retmiwati menyebutkan dalam mewujudkan KLA, terdapat 5 kluster yang harus dipenuhi oleh daerah. Seperti kluster hak sipil kebebasan, kluster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kluster kesehatan dasar dan kesejahteraan, kluster perlindungan khusus, serta kluster pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya.

Ia berharap, dengan komitmen gugus tugas dari OPD terkait, upaya mewujudkan Kabupaten Agam sebagai Kabupaten Layak Anak dapat segera terwujud.

“Target kita dalam penilaian KLA 2018 ini Agam lolos ditingkat pratama, karena kita baru memulai dan menginisiasi.
Survey lapangan oleh tim pusat nanti akan dilaksanakan pada 15 April hingga 30 Juni 2018,” jelasnya.

(Jaswit)

To Top