Kaba Terkini

Warga Kubu Ujuang Pandan Gelar Goro Massal, Bersihkan Pinggir Jalan Provinsi

Foto: Wali Jorong Kubu Ujuang Pandan.

Koto Kaciak, KABA12.com — Puluhan warga Jorong Kubu Ujuang Pandan, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mengadakan gotong royong (goro) massal membersihkan pinggir jalan provinsi, Minggu (15/1).

Aksi sosial tersebut diikuti oleh jajaran pemerintah nagari, Polsek Tanjung Raya, Koramil 05 Tanjung Raya, mahasiswa KKN UNP, pemuda, dan masyarakat sekitar.

Wali Jorong Kubu Ujuang Pandan, Dewa Lindu Pratama menyebut, kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh warga setempat merupakan wujud dalam menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, aksi gotong royong dilaksanakan dengan cara memotong rumput dan membersihkan sampah yang ada di pinggiran jalan raya Maninjau – Lubukbasung.


Warga Jorong Kubu Ujuang Pandan menanam pohon pelindung di pinggir jalan raya Maninjau – Lubukbasung, Minggu (15/1).

“Warga melaksanakan goro ini sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, karena sebelumnya kondisi pinggir jalan provinsi itu dipenuhi semak dan rumput liar sehingga sangat menganggu kenyamanan,” katanya.

Selain membersihkan pinggir jalan raya, masyarakat setempat sekaligus melakukan pembersihan sampah dan pemotongan rumput liar di area pinggir sungai Batang Kularian. Hal ini bertujuan untuk memperlancar aliran air sungai agar terhindar dari bencana banjir.

Dalam goro kali ini, warga juga melakukan penanaman pohon pelindung di pinggir jalan raya sebagai upaya untuk menciptakan area yang asri dan menjaga kelestarian lingkungan.

“Ada beberapa bibit pohon pelindung yang ditanam di pinggir jalan. Tujuannya adalah untuk penghijauan dan menjaga keasrian lingkungan,” ungkapnya.


Puluhan warga Jorong Kubu Ujuang Pandan melakukan Goro pembersihan pinggir jalan provinsi, Minggu (15/1).

Wali jorong termuda di Agam itu juga mengapresiasi kekompakan masyarakat beserta unsur forkompimca dan pemerintah nagari yang
antusias melaksanakan gotong royong pembersihan lingkungan di Jorong Kubu Ujuang Pandan.

“Alhamdulilah, partisipasi masyarakat dan unsur pemerintah sangat tinggi dalam melaksanakan goro ini. Kami menyampaikan terimakasih kepada semua unsur yang terlibat dalam aksi sosial kali ini,” jelasnya.

(Bryan)

To Top