Kaba Pemko Bukittinggi

Walikota Lepas CJH Bukittinggi

Bukittinggi, KABA12.com — Sebanyak 295 Calon Jemaah Haji (CJH) Bukittinggi dilepas secara resmi oleh Walikota, Ramlan Nurmatias, di auditorium pustaka Bung Hatta, Senin (24/07).

Kepala Kantor Kementrian Agama Bukittinggi, Abrar Munanda melaporkan, calon jemaah haji Bukittinggi tahun 1438 H  berjumlah 295 orang, terdiri dari 122 jemaah laki-laki dan 173 jemaah perempuan.

“Sebelumnya terdaftar 298 orang CJH, namun karena alasan kesehatan, 3 jemaah batal berangkat,” jelasnya.

Dari 295 calon jemaah haji Bukittinggi, terdata jemaah termuda atas nama Siti Syarah Neldi dengan umur 21 tahun. Dan jemaah tertua atas nama Muchtar Koto Nurdin dengan usia 81 tahun.

Kakan Kemenag Bukittinggi menjelaskan, CJH Bukittinggi, tergabung pada kloter 7 embarkasi Padang, bersama jemaah Bengkulu dan Padang. Para jemaah didampingi oleh 4 pembimbing haji, 3 orang tim kesehatan dan dipimpin ketua kloter Nelson.

“Calon jemaah haji berangkat ke Padang pada tanggal 4 Agustus jam 07.00 WIB dan akan dilepas Walikota.

Tiba di embarkasi Padang, CJH dicek kesehatan terakhir dan pada Sabtu 5 Agustus sekitar 03.00 WIB CHJ berangkat menuju Madinah,” jelas Abrar Munanda.

Diinformasikan, penginapan CJH di Madinah berada di daerah Markaziyah, sekitar 600 meter dari Mesjid Nabawi. Sedangkan di Mekkah Al Mukarramah, CHJ menginap di Azziziyah sektor 4, tepatnya di hotel Al Hasymiyah Al Aziziyah dengan nomor hotel 402, sekitar 2-3 km dari Masjidil Haram namun difasilitasi dengan bus.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengungkapkan, ibadah haji adalah panggilan. Kesempatan beribadah haji ini, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Jumlah jemaah haji yang berangkat tahun ini pun meningkat dari tahun sebelumya yang memberangkatkan 255 jemaah haji.

“Luruskan niat untuk beribadah kepada Allah SWT. Kami lepas para calon jemaah haji dengan doa dan tolong juga doakan Bukittinggi ini. Jaga kesehatan dan kesabaran selama beribadah di tanah suci. Semoga menjadi Haji yang mabrur,” ujar Walikota.

Walikota juga berharap, 24 ASN pendamping yang berangkat haji pada tahun ini dapat bekerja sama dengan pembimbing haji dan tim medis untuk mendampingi para jemaah selama di tanah suci.

Sementara itu, menurut jadwal, para jemaah haji nantinya akan kembali ke Indonesia pada tanggal 14 September 2017 mendatang.

(Ophik)

To Top