DPRD Agam

TRC Dinsos Mesti Berperan Optimal, Bantu Penanganan Masalah Sosial di Agam

Lubukbasung, kaba12.com — Pasca dikukuhkan Bupati Agam, Dr. Andri Warman, Kamis kemarin, para personil Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Sosial Kabupaten Agam diharapkan bisa menjadi ujung tombak dalam upaya mengatasi dan penanganan masalah-masalah sosial yang semakin banyak bermunculan di kabupaten Agam.

Harapan itu disampaikan Joni Putra Dt.Bintaro Hitam, anggota DPRD Agam yang merespon positif terbentuknya TRC Dinas Sosial Agam, yang menurutnya akan menjadi kekuatan penting dalam upaya mendorong pelayanan masalah sosial bagi masyarakat di kabupaten Agam.

Ketua fraksi Golkar DPRD Agam itu berharap, TRC Dinsos Agam bisa bergerak cepat, tidak hanya mendata dan bergerak di lapangan, tapi juga bisa mendeteksi berbagai potensi yang secara sosial bisa merugikan masyarakat, mengingat langkah penanganan masalah sosial itu, mesti dilakukan bersama dalam waktu relative cepat.

Ditambahkan, saat ini dampak pandemic covid-19, menurunnya aktivitas ekonomi warga, masih belum terbukanya peluang kerja, dampak bencana dan beragam potensi lain yang bisa memicu masalah sosial, mesti cepat diantisipasi, sehingga tidak memunculkan masalah ditengah warga.

Apalagi saat ini, dampak kemajuan tekhnologi informasi yang kerap memberi peluang terjadinya tindak pelanggaran yang dilatari masalah ekonomi, justru menjadi tren merugikan yang mesti diantisipasi dini, “ tentu dengan upaya dan langkah bersama, “ tegasnya serius.

Secara khusus, tokoh ninik mamak Nagari Manggopoh mengapresiasi dikukuhkan TRC Dinas Sosial Agam tersebut, yang diharapkan bisa menjadi mitra semua komponen yang selama ini membangun peduli terhadap masalah-masalah sosial ditengah masyarakat, baik penanganan anak terlantar, warga lanjut usia yang terlantar, disabilitas terlantar, gelandangan, pengemis, serta dampak kebencanaan yang beberapa waktu belakangan mulai meningkat.

HARMEN

To Top