Kaba Pemko Bukittinggi

Toilet Mushalla Al Yazid Terbersih di Objek Wisata Sumbar

Bukittinggi, KABA12.com — Toilet Mushalla Al Yazid di Pedestrian Jam Gadang menjadi toilet terbersih dalam Lomba Toilet Bersih di Objek Wisata Tingkat Propinsi Sumbar. Hasil lomba itu diumumkan dan diserahkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Oni Yulfian, setelah Upacara Bendera di Dinas Pariwisata Propinsi Sumbar, Sabtu (17/08).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga, melalui Kabid Destinasi dan Daya Tarik Wisata, Siti Mariah, menjelaskan, kegiatan lomba ini merupakan kegiatan dinas pariwisata provinsi Sumbar tahun 2019. Penilaiannya sendiri dilakukan 2 tahap yaitu tahap admindistrasi dan tahap klarifikasi lapangan. Penilaian dilaksanakan sejak bulan Juli sampai Agustus 2019.

“Tim penilai dari Provinsi terdiri dari unsur Dinas Pariwisata Propinsi Sumbar, Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Sumbar, Dinas Kesehatan Propinsi Sumbar dan Tokoh Pariwisata Propinsi Sumbar,” jelasnya.

Pengelolaan toilet umum di Jam Gadang yang dikoordiir Kabid Destinasi Dinas Parpora Kota Bukittinggi, berhasil meraih Juara 1. Sedangkan untuk Juara 2 adalah Kabupaten Lima Puluh Kota dan Juara 3 Kota Solok. “Dengan keberhasilan itu, kita berhak mendapatkan Piagam penghargaan dan uang tunai untuk pembinaan dan motivasi sebesar Rp 10 juta,” tambahnya.

Dengan keberhasilan itu, Siti Mariah berharap masyarakat pengguna toilet umum di Objek Wisata Jam Gadang maupun di objek wisata lain dapat menjaga kebersihan toilet. Selanjutnya ia berharap agar sarana prasarana toilet juga dapat dipelihara dan difungsikan sebagaimana mestinya.
(Ophik)

To Top