Kaba Terkini

Tips Agar Si Kecil Mau Berpuasa

Life, KABA12.com — Bagi umat Muslim, berpuasa merupakan suatu kewajiban. Namun bagi anak-anak tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri lantaran harus menahan lapar dan haus. Apalagi bagi mereka yang tidak tahan lapar dan haus, biasanya tidak bisa berpuasa selama sehari penuh.

Agar si kecil mau puasa sejak dini, psikolog Widya Prastya menyarankan beberapa cara yang bisa dilakukan para orang tua. Berikut ulasannya seperti dilansir sindonews.com.

  1. Menciptakan suasana menggembirakan

Ciptakan suasana puasa yang menggembirakan. Seperti halnya memberikan penghargaan berupa pin, bintang atau senyuman. Selanjutnya, tanda tersebut dikumpulkan menjadi poin yang bisa ditukar dengan sebuah barang, sesuai dengan jumlah poin. Dengan demikian, anak-anak akan lebih semangat berpuasa dan merasa lebih dihargai.

Hindari memberikan penghargaan dalam bentuk barang-barang mahal atau uang. Pasalnya, kebiasaan ini bisa membosankan dan tidak menarik lagi. Namun, dengan mengumpulkan poin, anak-anak akan mengharapkan sesuatu dari pengumpulan poin yang dilakukannya.

  1. Lakukan di usia lima tahun

Pada usia lima tahun, biasanya anak-anak sudah bisa menahan lapar dan haus. Namun, Widya menyarankan untuk tidak memaksakan dengan berpuasa sehari penuh. Biarkan ia berpuasa sesuai dengan kemampuannya, seperti berpuasa hingga pukul 12 siang dan lanjutkan lagi hingga waktu berbuka puasa. Jika anak sudah terbiasa puasa, Anda bisa menambahkan jam puasanya menjadi lebih lama hingga pukul 15.00.

  1. Membuat makanan favorit

Membuat makanan favorit akan membuat si kecil semangat dan mau untuk berpuasa. Buatlah makanan yang jarang didapatkan di rumah dan sehari-hari. Cara ini juga bisa membuat ia mudah bangun saat sahur.

(Virgo)

To Top