Kaba Agam

Sekda Agam Tanggapi Aspirasi APPL

Lubuk Basung, KABA12.com — Aspirasi  Asosiasi Pedagang Pasar Lama (APPL) Lubuk Basung yang mendatangi DPRD Agam, Jum’at (24/02).  Mendapat tanggapan dari Sekab. Agam, Martias Wanto Dt.Maruhun.
Terkait tuntutan para pedagang yang menghuni petak toko di kompleks terminal antokan itu, Martias Wanto menjelaskan, masyarakat penghuni toko – toko yang ada di Pasar Lama Lubuk Basung terkait ikatan kontrak dengan PT. Sitingkai Sakti, yang mana Pemkab. Agam memberikan Hak Guna Bangunan (HGB) hingga tahun 2009. PT. Sitingkai yang sudah habis masa HGB nya tidak memperpanjang lagi.
sekdaAspirasi APPL yang disampaikan ada tiga hal, pertama pedagang mengeluhkan sewa yang terlalu tinggi, kedua cara pembayaran, dan yang terakhir HGB.
“Kita akan akomodir ketiganya, kalau sewa terlalu tinggi berapa yang tidak tinggi tapi dalam koridor aturan, lalu HGB ya bisa saja karena Perdanya sudah ada, nanti kita rubah, tidak ada persoalan,” ujar Martias Wanto kepada KABA12.com.
Pemerintah Daerah akan mengundang kembali semua pemilik toko untuk membahas hal ini lebih lanjut Senin (27/02). Pemkab Agam akan membahas tiga hal itu langsung dengan penghuni toko, bukan perwakilan, karena ini adalah hak personal.
“Kita mengharapkan kepada semua pihak, mari kita dudukanbersama, secara bermusyawarah, dan kalau dengan musyawarah tidak bisa, maka akan diselesaikan dengan jalur hukum, karena di negara kita, hukum yang paling tinggi,” tegas Sekab Agam itu lagi.
Aksi unjuk rasa penghuni toko kawasan terminal Antokan yang digelar sejak pagi berakhir menjelang Jumat setelah dilakukan pertemuan segitiga antara utusan APPL, DPRD Agam dan Pemkab Agam yang disepakati akan digelar pertemuan lanjutan untuk menyelesaikan masalah itu Senin besok.
(Ardi/Richard)
To Top