Kaba Pemko Bukittinggi

Tanamkan Budaya Literasi Dengan Mendengarkan Dongeng

Bukittinggi, KABA12.com — Setelah pengukuhan Bunda Literasi Kota Bukittinggi Tahun 2022, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi menyelenggarakan kegiatan mendengarkan dongeng yang diikuti ratusan murid TK se Kota Bukittinggi. Kegiatan dengan tema Literasi untuk Cerdas dalam rangka Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 238 ini, dilaksanakan di Lantai 4 Pasar Atas, Kamis (15/12).

Kegiatan Dongeng ini mendapat dukungan dari Bunda Literasi dan Bunda PAUD Kota. Dalam sambutannya Bunda Literasi Kota Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar melalui Kepala Dinas Perpustakaan Drs Johnni mengungkapkan, dongeng membantu anak untuk berimajinasi. Ini sangat penting bagi perkembangan daya pikir anak dan sarana untuk menanamkan etika dan nilai-nilai kehidupan.

“Melalui karakter yang ada pada dongeng, putra-putri kita dapat belajar nilai-nilai kejujuran, rendah hati, rasa empati, juga sikap tolong-menolong,” ujarnya.

Acara ini yang dimotori ole Drs. Maswardi, M.Pd selaku Penanggung Jawab kegiatan, menghadirkan Pendongeng dan Ventrilokuis Indonesia, Robby W. Riyodi. Ia membawakan dongeng dengan tema saling membantu sesama teman dan mengajak anak-anak TK untuk berintegrasi langsung dengan pendongeng sehingga menimbulkan keberanian dari anak-anak tampil.

“Kegiatan ini diharapkan dapat terus dilakukan dengan harapan anak-anak kita nantinya menjadi anak-anak yang berani dan cerdas dalam berliterasi sejak dini dan memberikan sentuhan pendidikan yang kreatif, inovatif dan cerdas dan menyenangkan sehingga dunia bermain yang merupakan dunia anak-anak tidak hilang begitu saja,” ujarnya.

(Harmen/*)

To Top