Kaba Pemko Bukittinggi

1000 Guru Non PNS se Bukittinggi Terima Honor Semester 2

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah Kota Bukittinggi serahkan honorarium semester 2, untuk guru non PNS se Kota Bukittinggi.

Honor diberikan simbolis oleh Wali Kota, di balairung rimah dinas wako, Jumat (16/12).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Melfi Abra, menjelaskan, honorarium yang diberikan kali ini, merupakan honor semester kedua tahun 2022. Bantuan diberikan Rp 500.000 per orang per bulan.

“Jadi untuk semester dua tahun 2022 ini, kita serahkan honor sebesar Rp 3 juta per orang.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, kali ini bantuan insentif diserahkan sebesar Rp 500.000,- untuk 6 bulan pembayaran, bulan Juli hingga Desember 2022 sebesar Rp 3.000.000 untuk masing – masing guru.

Dengan adanya bantuan insentif ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan semangat kerja pendidik dan tenaga kependidikan di Kota Bukittinggi dalam mewujudkan Bukittinggi sebagai Kota Pendidikan.

“Bukittinggi melalui anggaran APBD telah menganggarkan dana sebesar Rp 6,5 milyar, untuk meningkatkan kesejahteraan guru non PNS yang berada pada jenjang PAUD, SD dan SMP di Kota Bukittinggi sesuai denagn misi Hebat dalam sektor pendidikan. Adapun nominal untuk bantuan insentif adalah sebesar Rp 500.000 per bulan dan tunjangan kesejahteraan sebesar Rp 1.000.000 per tahun. Insya Allah tahun depan kita naikkan bantuan insentif guru non PNS ini menjadi Rp 600 ribu per bulan,” ungkap Wako.

Saat ini guru non PNS Kota Bukittinggi telah tergabung dalam wadah organisasi IGHI (Ikatan Guru Honor Indonesia) dan Himpaudi (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia).

IGHI mengkoordinir guru untuk jenjang TK, SD dan SMP, sedangkan Himpaudi mengkoordinir guru pada jenjang pendidikan PAUD Non Formal.

Sejak tahun 2007, guru non PNS yang tergabung dalam IGHI dan Himpaudi, telah mendapat bantuan insentif dan tunjangan kesejahteraan dari Pemerintah Kota Bukittinggi.

(Harmen/*)

To Top