Kaba Pemko Bukittinggi

Tampil di Karnaval KBN X, MBGJG Hibur Padang Panjang

Bukittinggi, KABA12.com — Tampil dengan kekuatan penuh dengan membawakan lagu nusantara dan daerah minang. Marchingband Gita Jam Gadang (MBGJG) Kota Bukittinggi yang sudah masuk dalam deretan marchingband nasional itu ikut meriahkan Karnaval Ragam Budaya Nusantara dalam rangka Kemah Budaya Tingkat Nasional Ke-X Tahun 2019 di Lapangan Anas Karim Kota Padang Panjang, Kamis (29/08).

Setelah star pawai karnaval yang dilepas oleh Walikota Padang Panjang Fadly Amran itu berlangsung meriah. MBGJG yang berada dibelakang barisan Paskibra Kota Padang Panjang langsung menjadi daya tarik tersendiri oleh pengunjung yang sejak pagi sudah memadati jalan yang dilalui pawai karnaval. Sebelum karnaval dilepas, MBGJG yang sudah berbaris di jalan utama Kota Serambi Mekah ini sudah mulai dikerumuni pengunjung untuk berswafoto.

Dengan menggunakan kostum berwarna biru putih, para personil MBGJG ini pun berhasil mencuri ribuan pasang mata di area Panggung Utama, tempat di mana iring-iringan karnaval dimulai. Suara musik lagu perjuangan dan daerah minang yang bawakan MBGJG serta harmonisasi antara pemain musik pun berhasil dilakukan oleh para personilnya. Bunyi musik yang dibawakan MBGJG mengundang pengunjang karnaval untuk mendekat.

Dalam kesempatan pertama star itu, MBGJG langsung membuat atraksi di depan panggung utama yang disaksikan oleh Forkompinda Kota Padang Panjang dan perwakilan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta tamu undangan lainnya sekitar 12 menit. Pada penampilan pertama MBGJG menbawakan empat buah lagu perjuangan dan nasional “Bangun Pemuda Pemudi dan Manuk Dadali yang kemudian dilanjutkan lagu daerah “Mudiak Arau dan Bareh Solok” mewakili lagu daerah minang.

Penampilan MBGJG di Panggung Utama ini pun membuka rangkaian parade karnaval pada siang itu. Setelah tampil MBGJG mengikuti barisan Paskibra menuju GOR Khatib Sulaiman tempat berakhirnya karnaval KBN Tahun 2019. Tidak hanya dipanggung utama, penampilan hiburan dari MBGJG di lapangan sepak bola Khatib Sulaiman setelah pawai karnaval berakhir tetap dipenuhi oleh pengunjung, terutama dari peserta drumband sekolah di Kota Padang Panjang.

Ketua Harian MBGJG, M. Nur Idris mengaku senang bisa ikut dalam karnaval Ragam Budaya Nusantara dan KBN ini. Bahkan ia memuji pelaksanaan karnaval kali ini berlangsung tertib dan meriah. Bahkan Ketua Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Kota Bukittinggi ini menyampaikan terima kasih kepada Pemko Padang Panjang atas undangan untuk meneriahkan karnaval Ragam Budaya Nusantara dan KBN Tahun 2019 yang diikuti oleh 34 peserta KBN dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Kami senang bisa berpartisifasi dalam karnaval ini. Acaranya meriah dan tertib, anak-anak pemain MBGJG juga senang bisa ikut ajang karnaval yang diikuti oleh peserta KBN dari berbagai provinsi di Indonesia serta beserta peserta daerah drumband sekolah di Padang Panjang. Kami sampaikan terima kasih kepada Pemko Padang Panjang terutama Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Padang Panjang,” ujar M.Nur Idris usai pawai karnaval.

Sebelumnya pawai karnaval sangat meriah ketika peserta karnaval KBN dari berbagai provinsi melewati panggung utama masing-masing memperlihatkan pertunjukan dengan menampilkan kesenian khas daerah masing-masing sekitar dua menit yang disambut hangat oleh Walikota Fadly Amran dan Wakil Walikota Asrul berserta tamu kehormatan yang berada diatas panggung utama itu. Ada sekitar 100 lebih peserta karnaval meramaikan acara yang bergengsi itu.
(Ophik)

To Top