Kaba Terkini

SMAN 1 Tiku  Optimis Raih Adiwiyata Mandiri

Tanjung Mutiara, KABA12.com — SMAN 1 Tiku  Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam optimis raih penghargaan Adiwiyata Mandiri tingkat nasional pada tahun 2017 ini. Hal itu diungkap  Kepala SMAN1 Tanjung Mutiara, Zulkhairi.

Ia mengatakan, sekolah yang  dipimpinnya tersebut juga pernah meraih penghargaan serupa namun baru tingkat Sumatera Barat pada tahun 2015 silam.

“Tahun 2015 kita pernah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri tingkat provinsi dan saat ini kita sedang mempersiapkan diri untuk tingkat nasional,” ujarnya kepada KABA12.com saat dikunjungi di ruang kerjanya, Rabu (02/08).

Dikatakan Zulkhairi, dalam penilaiannya, Adiwiyata Mandiri didasarkan pada 4 kriteria, yakni pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

“Penilaian diperkirakan dilaksanakan akhir Agustus hingga pertengahan September,  saat ini kita sedang berupaya berbenah diri, agar lebih baik,” terangnya.

Ditambahkannya, berbenah lingkungan yang sedang dilaksanakan di sekolah tersebut tidak hanya semata mengharapkan Adiwiyata Mandiri, namun sudah menjadi program sekolah untuk mendidik siswanya menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

(Johan)

To Top