Kaba Terkini

SMAN 1 Tiku Daur Ulang Sampah

Tiku ,  KABA12.com — Sampah jika dikelola dengan baik akan memberi manfaat kepada manusia, hal itu dibuktikan SMAN 1 Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam.

Komit dengan kegiatan daur ulang sampah, telah mengantarkan sekolah yang dipimpin Zulkhairi itu meraih sejumlah penghargaan Adiwiyata baik ditingkat kabupaten maupun provinsi.

Kepala SMAN 1 Tanjung Mutiara itu mengatakan, penghargaan Adiwiyata Mandiri tingkat kabupaten  diraih 2014 lalu, penghargaan yang sama tingkat provinsi tahun 2015.

“Berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri tingkat Kabupaten Agam, kami diberi bantuan  berupa  kontainer sampah, komposer, mesin pencacah serta gerobak sampah, dari dinas lingkungan hidup (DLH) Agam, bantuan tersebut kami gunakan untuk pengolahan sampah di lingkungan sekolah,” ujarnya kepada KABA12.com, Senin, (14/08).

Ia menjelaskan, sampah organik dilingkungan sekolah tersebut jadikan kompos, sedangkan non organik dikumpulkan untuk dijual dan yang tidak bisa dimanfaatkan sama sekali akan dimasukkan kedalam kontainer sampah untuk dibuang.

Kompos produksi para siswa  tersebut dipergunakan untuk memupuk tanaman serta kebun toga sekolah. Sedangkan sampah non organik yang dikumpulkan masing-masung kelas untuk dijual dan uang hasil penjualan tersebut dimasukkan kedalam kas kelas.

Untuk memotivasi siswanya, ia bersama para majelis guru juga menggelar penilaian Adiwiyata Mandiri tingkat sekolah, yang diikuti seluruh lokal.

“Kita nilai kebersihan dan keindahan lokalnya, taman, serta banyaknya kas yang terkumpul dari hasil penjualan sampah non organik. Sebagai apresiasinya, kita berikan hadiah Rp 1 juta untuk juara I, Rp 750 ribu juara II dan Rp 500 ribu untuk juara III,” ujarnya.

Kepala SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara itu berharap, program cinta lingkungan itu tidak hanya dilaksanakan di sekolah saja tapi juga di terapkan di  masyarakat.

(Johan)

To Top